ANALISIS FAKTOR NILAI KEPERAWATAN KELUARGA MAHASISWA DIPLOMA III KEPERAWATAN STIKES DIRGAHAYU SAMARINDA

Main Article Content

Norsanah Norsanah

Abstract

Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel kehadiran, penugasan, UTS dan UAS dengan variabel nilai akhir mata kuliah; (2) untuk mengetahui peAngaruh variabel kehadiran, penugasan, UTS dan UAS terhadap nilai akhir mata kuliah, dan (3) untuk mengetahui derajat hubungan antara variabel kehadiran, penugasan, UTS dan UAS terhadap nilai akhir mata kuliah.


Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan (Juli – Desember 2019) di Kampus STIKES Dirgahayu Samarinda. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa STIKES Dirgahayu Samarinda Angkatan Tahun Akademik 2017/2018 yang mengambil mata kuliah Keperawatan Keluarga sebanyak 132 orang. 


Variabel yang diamati terdiri atas : (1) variabel bebas antara lain : nilai kehadiran (10% daari nilai akhir), nilai penugasan (35% dari nilai akhir), nilai UTS (25% dari nilai akhir),dan nilai UAS (30% dari nilai akhir). Analisis data yang digunakan adalah : analisis regresli linier berganda, uji F (analisis keragaman regresi), koefisien korelasi (r), koefisien determinasi (R2), dan uji t parsial. 


Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) variabel kehadiran, penugasan, UTS dan UAS berpengaruh sangat nyata terhadap nilai akhir mata kuliah keperawatan keluarga. (2) pengaruh variabel kehadiran, penugasan, UTS dan UAS adalah sebesar 99,20%  terhadap nilai akhir mata kuliah keperawatan keluargaan; (3) ada hubungan yang erat sampai sangat erat antara variabel kehadiran dan  penugasan dengan nilai akhir mata kuliah, sedangkan variabel UTS dan UAS memiliki hubungan yang cukup erat dengan nilai akhir mata kuliah keperawatan keluarga..

Article Details

How to Cite
Norsanah, N. (2020). ANALISIS FAKTOR NILAI KEPERAWATAN KELUARGA MAHASISWA DIPLOMA III KEPERAWATAN STIKES DIRGAHAYU SAMARINDA. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(2), 32-41. https://doi.org/10.52841/jkd.v2i2.156
Section
Articles

References

Anas Sudijono.(2009).Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.
Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, (1997). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU-PPAI
Alipandie,Imansjah.(1985).Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya:Usaha Nasional.
Arikunto, S. (2012).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
David, A. Jdkk. Terjemahan Fawaid, Achmad. (2009). Methods for Teaching.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Djajadisastro, dkk. (1984). Pedagogic Ilmu Mendidik Teoritis, DEP P&K. Bandung: Proyek Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis.
Djamarah.(2005). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rhineka Cipta.
Djaali, Muljono,P.(2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Diamond. R & Carey S. (1977). Developmental Changes in the representation of faces journal of Experimental Child Psychology. j. 23. h. 34−37
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/10/17/tentang-kehadiran-dan-ketidakhadiran-siswa-di-sekolah/(14/5/2019/ 14.56)
Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibun, J.J & Moedjiono. (1992). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Huda, M. (2014).Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran :Isu-Isu Metods Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, S. 2005. Analisis Regresi. Andi Offset,Yogyakarta.
Irene, S. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keputusan Mendiknas no 232/U/2000 tentang Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
Khoirur Rozikin, Kasih Purwantini. 2014. Pengaruh Sistem Presensi dengan Deteksi Sidik Jari dan SMS GatewayTerhadap Tingkat Membolos Siswa. Jurnal SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI TERAPAN 2014(SEMANTIK 2014) ISBN: 979-26-0276-3.
Kochar.(2008). Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.
Komalasari, K.(2013). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyani.(2012). Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyasa.(2006). Menjadi Guru Profesiona:Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rineka Cipta.
Mulyasa. (2009). Pendekatan Keterampilan Proses.Jakarta : PT Gramedia
Nana Sudjana,(1992). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Narbuko, C. dan H.A. Achmadi. 2001. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara, Jakarta.
Purwanto.(2009). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rochiati.(2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Roestiyah.(2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman.(2011). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya.(2012). Media Komunikasi Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Wina Sanjaya.(2009). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran, Ed. 1, Cet. 2 Jakarta: Kencana Prenada Media Grup h. 235.