Main Article Content

Yovita Erin Sastrini
Gracia Herni Pertiwi

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang perbandingan hasil belajar mahasiswa dalam mengikuti kuliah daring antara mahasiswa yang tinggal di Wilayah Kota Samarinda dan di luar  Wilayah Kota Samarinda (Pelosok). Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mengikuti kuliah daring Mata Kuliah K3 di Kota Samarinda, 2) mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mengikuti kuliah daring Mata Kuliah K3 di luar Kota Samarinda, 3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang mengikuti kuliah daring Mata Kuliah K3 di Kota Samarinda dan mahasiswa yang mengikuti kuliah daring di luar Kota Samarinda.Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 orang mahasiswa yang berdomisili di Samarinda, dan 15 orang mahasiswa yang berdomisili di luar samarinda yang saat kuliah dilaksanakan tidak berada di Kota Samarinda. Data hasil belajar diperoleh berdasarkan evaluasi hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah K3 di semester enam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai mahasiswa yang mengikuti kuliah daring di kota Samarinda adalah 83.27, sedangkan rata-rata nilai mahasiswa yang mengikuti kuliah di luar Kota Samarinda adalah 81.87. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann Whitney menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang mengikuti kuliah di wilayah Kota Samarinda dengan mahasiswa yang mengikuti kuliah di luar kota samarinda. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini melalui penelitian kualitatif untuk menggali pengalaman mahasiswa dalam mengikuti kuliah daring selama masa Pandemi Covid-19.

Article Details

How to Cite
Sastrini, Y. E., & Herni Pertiwi, G. (2021). KOMPARASI HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGIKUTI KULIAH DARING MATA KULIAH K3 ANTARA MAHASISWA YANG TINGGAL DI KOTA SAMARINDA DAN LUAR KOTA SAMARINDA TAHUN 2021. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 3(1), 22-27. https://doi.org/10.52841/jkd.v3i1.185
References
Adjani, Dkk. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 1 No.1.
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560
Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., ... Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures. Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371
Dahlan, S. 2001, Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan, PT. Salemba Medik
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile . Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4, 1–13.
Hia, N., & Ginting, S. (2020). Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas sari Mutiara Indonesia Kota Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, ISSN: 2579-8332.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
Nurfitriyani, M. (2014). Pengaruh Kreativitas Dan Kedisiplinan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Kalkulus. Jurnal Formatif 4(3): 219-226
Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring, ISSN 2580-0922 (online) Diakses tanggal 22
Mei 2021.