PENGARUH VIDEO EDUKASI TENTANG FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STUNTING MELALUI TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA DI SMA NEGERI 4 SAMARINDA
Main Article Content
Abstract
Stunting adalah suatu kondisi dimana tinggi badan seseorang kurang dari normal menurut usia dan jenis kelamin. Adanya pertumbuhan kurang dari normal menunjukkan terdapat status gizi buruk yang terjadi dalam jangka waktu yang lama (kronis). Stunting juga merupakan salah satu masalah gizi yang belum ditangani secara menyeluruh oleh pemerintah. Buktinya angka stunting di kota Samarinda mencapai 25,3% dan masih di atas ambang batas (>20%), tingginya angka tersebut dapat mengancam kualitas hidup generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan dan memutus siklus stunting sedini mungkin, khususnya pada remaja. Remaja merupakan calon orang tua generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, mereka harus ikut serta dalam upaya memutus siklus stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video edukasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi stunting melalui TikTok terhadap pengetahuan remaja di SMA Negeri 4 Samarinda yang berjumlah 40 siswa. Objek pada penelitian ini adalah remaja kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan quasy eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest with control group. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai -value 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh video edukasi tentang faktor yang mempengaruhi stunting melalui TikTok terhadap pengetahuan remaja di SMA Negeri 4 Samarinda, dibuktikan dengan peningkatan pengetahuan remaja terutama dari nilai rata-rata 6,40 (42,6%) meningkat menjadi 14,20 (94,6%). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan intervensi promosi kesehatan dalam menyampaikan edukasi tentang stunting yang dapat mencegah terjadinya stunting.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.