Kesiapan Perawat Dalam Mengikuti Asesmen Kompetensi Di Rumah Sakit : Studi Deskriptif
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang : Penyelenggaran asesmen kompetensi perawat berdasarkan jenis dan kualifikasi perawat klinis, dengan informasi bagaimana kesiapan perawat dalam mengikuti asesmen kompetensi. Kompetensi seorang perawat memberikan peranan penting untuk meningkatkan kualitas mutu asuhan keperawatan. Tujuan : Terdeskripsikan kesiapan perawat dalam mengikuti asesmen kompetensi di RSUD Malinau tahun 2023 serta karakteristik responden. Objek responden penelitian adalah perawat klinis I-III. Metode : Penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Dalam proses pengumpulan data menggunakan pendekatan secara cross sectional dimana objek penelitian diukur secara bersamaan dalam waktu yang sama. Penelitian dilakukan pada bulan januari 2024 dengan melibatkan 90 responden dengan metode total sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner kesiapan perawat dalam mengikuti asesmen kompetensi dengan mengembangkan kalimat modifikasi dari penelitian sebelumnya yang hasil analisis berupa data deskriptif yang dilengkapi dengan tabel. Hasil : Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin perempuan dengan jumlah 63 perawat (70,0%), usia perawat terbanyak yaitu 31–40 tahun sebanyak 58 responden (64,4%), pendidikan terakhir responden sebanyak 63 perawat (70,0%), dan lama bekerja di RSUD Malinau terbanyak 10 tahun sebanyak 52 perawat (57,8%). Kesiapan dikategori berdasarkan jenis kelamin proporsi perempuan paling besar adalah tidak siap dengan (35,6%), usia paling besar adalah tidak siap pada usia 31-40 tahun dengan (36,7%), pendidikan terakhir paling besar adalah siap pada D3 Keperawatan dengan (36,7%), lama bekerja >10 tahun paling besar adalah berbanding sama antara siap dan tidak siap yaitu 26 responden (28,9%). Kesimpulan : Sebagaian besar responden memiliki kategori siap dalam mengikuti asesmen kompetensi, kesiapan ini berjumlah 46 responden dengan persentase 51,1%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fitri Nurlina. (2019). Pelaksanaan Asesmen Berbasis Kompetensi di Rumah Sakit Swasta Tipe C Kota Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan & Kebidanan P-ISSN : 2599-0055, E-ISSN : 2615-1987 Volume 3 Nomor 2, November 2019, Hal. 38 – 46.
Ida, et al. (2021). Pengaruh Kredensial Terhadap Kinerja Perawat Di RSUD R Syamsudin, SH Kota Sukabumi. Jurnal Health Society| Volume 10 No. 1
Ismoyowati, T. W., & Sinaga, M. R. E. (2019). Modul Konsep Dasar Keperawatan. Keperawatan, 66. Http://Repository.Uki.Ac.Id/2762/1/Modulkdk.Pdf
Karolus Siregar, Henrianto et al. (2022). Ilmu Keperawatan Dasar. Bandung.
KARS. (2017). Standar nasional akreditasi rumah sakit (1st ed.). Jakarta: Komisi Akreditasi Rumah Sakit
Kementerian Kesehatan RI. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2017 Tentang Pengembangan Karir Profesional Perawat Klinis
Lembaran Negara Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan No.40 Tahun 2017 tentang Pengembangan Jenjang Karir Profesional Perawat Klinis. Kementerian Kesehatan.
Metalita, E., Handiyani, H., Afriani, T., & Rayatin, L. (2021). Analisis Jenjang Karir dan Minat Menjadi Perawat Intensif. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 156-167.
Nurlina, F. (2019). Pelaksanaan Asesmen Berbasis Kompetensi Di Rumah Sakit Swasta Tipe C Kota Tasikmalaya. Jurnal Mitra Kencana Keperawatan Dan Kebidanan, 3(2), 32-40.
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Penerbit Salemba Medika, 117.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26. (2019). Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Hal. 2
PPNI. (2016). Perubahan Pedoman Pengembangan Keperofesian Berkelanjutan Perawat Indonesia. E-Book. Diakses pada 8 Februari 2018. http://www.ppnimimika.com/category/pkb-ppni/
Wahyu Hidayat, Try Ayu Patmawati, Hertiana. (2021). Analisis Kesiapan Perawat dalam Impelementasi Evidence-Based Practice (EBP) di RSUD Sawerigading Kota Palopo. PROFESI (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian.
Godgift Morris, (2015). Fokus penelitian terkait tentang “Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Klinik III tentang Kompetensi Klinik dan Kesiapan Perawat Dalam Mengikuti Asesmen Kompetensi”.