Video Animasi Sebagai Media Edukasi Menurunkan Stigma Gangguan Jiwa Remaja

Main Article Content

Safra Ria Kurniati
Shamilatul Khariroh
Ernawati Ernawati
Putri Apricilia Nurlis

Abstract

Gangguan jiwa merupakan salah satu isu kesehatan mental yang menjadi perhatian utama dunia saat ini. Perkembangan teknologi memungkinkan arus informasi yang diterima menjadi tidak terbendung, salah satunya tentang isu gangguan jiwa. Akan tetapi stigma gangguan jiwa masih dirasakan tinggi, termasuk pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendidikan kesehatan melalui media video animasi berpengaruh terhadap stigma gangguan jiwa pada remaja. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 siswa dan siswi SMP dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Social Distance Scale untuk mengukur stigma mengenai gangguan jiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean pretest adalah 26,23 dengan SD ±3,72 dan nilai mean posttest sebesar 22, 54 dengan SD ±4,86. Uji paired t-test menunjukkan bahwa p value sebesar 0,001. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan video animasi secara signifikan bisa berpengaruh terhadap stigma gangguan jiwa pada remaja.  Perawat jiwa dalam hal ini dapat menggunakan media yang lebih menarik seperti media video animasi dalam memberikan pemdidikan kesehatan pada remaja untuk mengurangi stigma gangguan jiwa

Article Details

How to Cite
Kurniati, S. R., Khariroh, S., Ernawati, E., & Nurlis, P. A. (2025). Video Animasi Sebagai Media Edukasi Menurunkan Stigma Gangguan Jiwa Remaja. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 6(2), 16-21. https://doi.org/10.52841/jkd.v6i2.444
Section
Articles

References

Adelman, H. S., Taylor, L., & Adelman, H. (2006). Special report on child mental health mental health in schools and public health. Public Health Reports.
Allen-Meares, P., Montgomery, K. L., & Kim, J. S. (2013). School-based social work interventions: A cross-national systematic review. Social Work (United States), 58(3), 253–262. https://doi.org/10.1093/sw/swt022
Corry, D. A. S., & Leavey, G. (2017). Adolescent trust and primary care: Help-seeking for emotional and psychological difficulties. Journal of Adolescence. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.11.003
Fazel, M., Hoagwood, K., Stephan, S., & Ford, T. (2014). Mental health interventions in schools in high-income countries. In The Lancet Psychiatry. https://doi.org/10.1016/S2215-0366(14)70312-8
Green, H., McGinnity, A., Meltzer, H., Ford, T., & Goodman, R. (2009). Mental health of children and young people in Great Britain, 2004. In Child and Fa.
Havewala, M., Bowker, J. C., Smith, K. A., Rose-Krasnor, L., Booth-Laforce, C., Laursen, B., Felton, J. W., & Rubin, K. H. (2021). Peer influence during adolescence: the moderating role of parental support. Children. https://doi.org/10.3390/children8040306
Jaworska, N., & MacQueen, G. (2015). Adolescence as a unique developmental period. Journal of Psychiatry and Neuroscience, 40(5), 291–293. https://doi.org/10.1503/jpn.150268
Masitah, R., Pamungkasari, E. P., & Suminah, S. (2020). the Effectiveness of Animation Video To Increase Adolescents’ Nutritional Knowledge. Media Gizi Indonesia, 15(3), 199. https://doi.org/10.20473/mgi.v15i3.199-204
Michael Garcez, J. (2021). Mental Health Stigma Amongst Adolescents: Causes and Solutions Thereof. McNair Scholars Research Journal, 14.
Mustikawati, E. I., & Ernawaty, E. (2021). Differences in Help-Seeking Behavior in Adolescents with Anxiety Disorder During the COVID-19 Pandemic. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.30597/mkmi.v17i3.13827
Nurlathifah N. Yusuf, Siti Naili Ilmiyani, & Supiani. (2023). The Effect of Health Promotion Using Animation Media and Lessons on Adolescent Knowledge About Reproductive Health at SMAN 1 Suela Lombok Timur. International Journal of Public Health Excellence (IJPHE), 3(1), 74–79. https://doi.org/10.55299/ijphe.v3i1.409
Osborn, T. L., Wasanga, C. M., & Ndetei, D. M. (2022). Transforming mental health for all. In The BMJ. https://doi.org/10.1136/bmj.o1593
Pearson, S., & Hyde, C. (2021). Influences on adolescent help-seeking for mental health problems. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools. https://doi.org/10.1017/jgc.2020.28
Polanczyk, G. V., Salum, G. A., Sugaya, L. S., Caye, A., & Rohde, L. A. (2015). Annual research review: A meta-analysis of the worldwide prevalence of mental disorders in children and adolescents. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines. https://doi.org/10.1111/jcpp.12381
Sheikhan, N. Y., Henderson, J. L., Halsall, T., Daley, M., Brownell, S., Shah, J., Iyer, S. N., & Hawke, L. D. (2023). Stigma as a barrier to early intervention among youth seeking mental health services in Ontario, Canada: a qualitative study. BMC Health Services Research. https://doi.org/10.1186/s12913-023-09075-6
Sri Nurani, V., Aisiyah, & Asri Conscience, I. (2022). The Effect of Health Promotion through Animation Videos on Adolescent’s Knowledge related to Drugs Abuse. Nursing and Health Sciences Journal (NHSJ), 2(3), 198–202. https://doi.org/10.53713/nhs.v2i3.96