Main Article Content

Vinsensia Tetty

Abstract

Peningkatan permintaan layanan kesehatan oleh masyarakat ini menjadi salah satu komponen penting dalam manajemen sistem pelayanan kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui lama waktu tunggu pasien dalam menerima layanan kesehatan di Unit Rawat Jalan (URJ) Rumah Sakit X, Metode Penelitian dilakukan dengan mengobservasi lama waktu tunggu  pada 60 orang pasien BPJS di unit rawat jalan selama 6(enam) hari berturut-turut menggunakan lembar cheklyst observasi. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis univariat dengan tujuan untuk mengetahui distribusi frekuensi dan presentasi variabel waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60 orang pasien yang datang berobat ke unit rawat jalan hanya 3 orang (5 %) mendapatkan pelayanan dengan waktu tunggu kurang dari 60 menit, hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain: pasien datang sebelum loket pendaftaran dibuka, dokter yang dituju oleh pasien belum datang ke ruang periksa karena masing-masing dokter mempunyai jadwal jam periksa yang telah ditentukan.

Article Details

How to Cite
Tetty, V. (2019). EVALUASI LAMA WAKTU TUNGGU PASIEN BPJS DI UNIT RAWAT JALAN RS. X TAHUN 2018. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 1(2), 12-16. https://doi.org/10.52841/jkd.v1i2.68
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Esti, A., Puspitasari, Y. & Rusmawati, A., 2015. Pengaruh Waktu Tunggu dan Waktu sentuh Pasien Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Poli Umum,

Kepmenkes, 2008. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. , 1(5), pp.1–55.

Kementerian Kesehatan RI. (2008). Kepmenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Laeliyah, N & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Nasional Vol. 1., No. 2. 102-112
Pohan, I. S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan; Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC
Wijono, J., 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Surabaya: Airlangga University Press.