KOMUNIKASI INTERPERSONALANTARA MAHASISWA DAN DOSEN AKADEMI KEPERAWATAN DIRGAHAYU SAMARINDA

Main Article Content

Bernarda Teting
Made Ermayani

Abstract

merupakan dasar membentuk hubungan sosial antar individu. Terdapat limaaspek dalam komunikasi interpersonal, yaitu: 1) Keterbukaan (openness); 2) Empati (empathy); 3) Sikap mendukung (supportiveness); 4) Sikap Positif (positiveness); 5) Kesetaraan (equality). Metode penelitian deskriptif dengan subyek penelitian adalah mahasiswa Akademi Keperawatan Dirgahayu Samarinda tingkat 2 semester 3 yang berjumlah 101 mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen Akademi Keperawatan Dirgahayu Samarinda.Karakteristik responden lebih banyak berusia 19 tahun (59,4%) dan sebagian besar berjenis kelamin perempuan (83,2%). Gambaran komunikasi interpersonal mahasiswa pada aspek keterbukaan kategori baik (82,2%), pada aspek empati kategori baik (73,3%), pada aspek dukungan kategori sangat baik (53,5%), pada aspek sikap positif kategori baik (52,5%) dan pada aspek kesamaan kategori baik (73,3%). Gambaran komunikasi interpersonal mahasiswa dan dosen Akper Dirgahayu Samarinda adalah sebagian besar menunjukan memiliki komunikasi yang sangat baik yaitu 76,2%.

Article Details

How to Cite
Teting, B., & Ermayani, M. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONALANTARA MAHASISWA DAN DOSEN AKADEMI KEPERAWATAN DIRGAHAYU SAMARINDA. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 1(1), 43-54. https://doi.org/10.52841/jkd.v1i1.85
Section
Articles

References

Abubakar Fauzi. 2015. Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pekommas, Vol. 18 No. 1, April 2015
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta
Chen,D., Lew, .Hershman,W.,Orlander, J.A Crosssectional Measurement of Medical Student Empathy. Journal General Internal Medicine 2007; 22(10):1434–8
Ernawati & Tjalla. (2012). Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Mahasiswa Dan Dosen Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, retrieved September 18, 2012 from http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2009/Artikel_10503067.pdf
Firdausi Aldilla. 2014. Tingkat Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2011, 2012 Dan 2013.Skripsi Universitas Negeri Semarang
Gunawati Rindang et al. Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswa-Dosen Pembimbing Utama Skripsi Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Volume 3 Nomor 2 diakses dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/659
HidayahAnisa et al. 2013. Perbedaan kemampuan empati mahasiswa Keperawatan di program studi ilmu keperawatan Fakultas kedokteran UGM.Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia Vol. 2 No. 2. Diakses pada tanggal 11 Desember 2017 dari https://jurnal.ugm.ac.id
Irawan Sapto. 2017. Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 7 Nomor I diakses dari http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/712/476
Isti’adah Feida Noor Laila.2017. Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Journal Of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research Vol.1, No.1, Januari 2017 Available online: http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
KelanaKusuma Dharma. 2015. MetodologiPenelitianKeperawatan. Edisirevisi. Jakarta. CV. Trans Info Media.
Mohammad Zamroni. 2009. FilsafatKomunikasiPengantarOntologis, Epistomologi, Aksiologis. Yogyakarta.GrahaIlmu.
Morrison Paul &Burnard Philip. 2009. Caring & Communicating Hubungan Interpersonal dalamkeperawatan. Jakarta. EGC
Pratiwi Srie Wahyuni dan Sukma Dina. 2013. Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Journal Ilmiah Konseling Konselor Volume 2 Nomor 1, diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1268
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2008. MetodologiPenelitianPendidikanKompetisidanPraktiknya. Jakarta. PT BumiAksara.
Suranto. 2011. KomunikasiInterpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susilo, W.H., Aima H., & Suprapti F. (2014).Biostatistika Lanjut dan Aplikasi Riset. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Widjaja.2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta : Rineka Cipta
Wood, Julia T. 2013. Komunikasi Interpersonal Interaksi Keseharian.Edisi 6.Jakarta : Salemba Humanika