EFEKTIVITAS NURSING DIAGNOSTIC MOBILE TERHADAP PENDOKUMENTASIAN DIAGNOSA KEPERAWATAN PADA MAHASISWA YANG MELAKSANAKAN PRAKTIK BELAJAR LAPANGAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia dan masih kurangnya minat membaca, sehingga perlu adanya kemasan yang praktis untuk memudahkan seseorang mengambil bahan yang diperlukan, salah satunya pada mahasiswa keperawatan yang sedang melaksanakan praktik belajar lapangan (PBL) yang salah satu kewajibannya yaitu mendokumentasikan asuhan keperawatan sehingga memerlukan perangkat yang praktis, diantaranya dengan membuat aplikasi Nursing Diagnostic Mobile. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diterapkan untuk mengetahui efektivitas Nursing Diagnostic Mobile sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi dengan menggunakan Apps pada smartphone dengan bentuk quasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 39 mahasiswa yang sedang melaksanakan PBL di rumah sakit pada tahun 2019. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Gain ternormalisasi menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pendokumentasian antara sebelum penggunaan aplikasi dengan sesudah penggunaan aplikasi dengan skor sebesar 0,30 (sedang), yang menunjukan bahwa aplikasi ini efektif meningkatkan kemampuan mendokumentasikan diagnosa keperawatan pada mahasiswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Enterprise, J .(2015). Mengenal dasar dasar pemrograman android.Jakarta PT. Elex Media Komputindo
Herdman, T.H. (2018). NANDA International Nursing Diagnoses: definitions and classification 2018-2020. Jakarta: EGC
Komputer, Wahana. (2014). Membangun...aplikasi mobile cross platform dengan phonegap. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Kusnanto. (2014). Pengantar profesi dan praktik keperawatan profesional. Jakarta EGC
McClokey and Bulecheck. (2006). Nursing Intervention Classification (NIC). 2nd St. Louis. Mosby Years Book.
Nursalam, Efendi. (2008). Pendidkan dalam Keperawatan. JakartaSalemba Medika.
Perdana, Mukhlis Yuzti; Fitrisia, Yuli; Putra, Yusapril Eka. Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia pada Smartphone Android. Jurnal Aksara Komputer Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, mei 2012. Tersedia pada:
Putra, R., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/10628
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Triyanto, E. (2008). Gambaran motivasi perawat dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwekerto. Jurnal Keperawatan Soedirman. 3(2). P. 60-70