Main Article Content

Irine Yunila Prastyawati

Abstract

Pertolongan Pertama pada Kecelakaan merupakan salah satu upaya pertolongan awal dan sementara yang dilakukan oleh awam pada korban, sebelum mendapat pertolongan yang advance dari tenaga medis. Berbagai sektor dan elemen masyarakat patut dilibatkan untuk pendekatan dan fokus pada permasalahan pertolongan pertama salah satunya adalah guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan tentang cedera jaringan lunak. Metode yang digunakan adalah edukasi atau penyuluhan kesehatan. Hasil kegiatan ini terdapat 40 responden yang berpartisipasi dengan pemahaman setelah dilakukan edukasi 89,28% (25 orang) yang memiliki pengetahuan cukup setelah dilakukan edukasi, 50% (14 orang) dengan pengetahuan baik dan 3,57% (1 orang) yang memiliki pengetahuan kurang. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa edukasi pembawa pengaruh yang baik terhadap peningkatan pengetahuan mitra, dan harapan selanjutnya adalah ada pelatihan tentang penanganan cedera jaringan lunak, sehingga dapat membantu meningkatkan keterampilan guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan.

Article Details

How to Cite
Prastyawati, I. Y. (2021). EDUKASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN CEDERA JARINGAN LUNAK PADA MGMP PJOK SMA/K KOTA SURABAYA. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 2(2), 59-63. https://doi.org/10.52841/jpmk.v2i2.161
References
Cecep (2015). Pertolongan Pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Kep) Volume: 1. Jakarta. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies. (2016). International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies 2016 for National Society First Aid Programme Managers, Scientific Advisory Groups, First Aid Instruction and First Responders. Retrieved from www.ifrc.org
Kholid, A. (2014). Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Søreide, E. Morrison, LJ, Hillman K, Monsieurs K. Sunde K. Zideman, D. Eisenberg M. Sterz F, Nadkani VM, Soar J. Nolan JP. (2013). The formula for survival in resuscitation in Resuscitation. 84:1487–1493.