Main Article Content

Vinsensia Tetty
Norsanah

Abstract

Latar belakang: Perubahan metode pembelajaran secara daring dalam kondisi pandemic COVID-19 menyebabkan peserta didik perlu beradaptasi dengan metode pembelajaran yang baru. Perubahan ini dapat menyebabkan ketidaksiapan peserta didik dalam belajar. Tujuan: Mengetahui tingkat stres akademik dalam pembelajaran daring sebagai dampak pandemi COVID-19 bagi mahasiswa di STIKES Dirgahayu Samarinda. Metode: desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan secara online. Pengambilan sampel menggunakan tehnik total sampling. Jumlah responden 132 mahasiswa. Pengumpulan data diperoleh menggunakan kuesioner yang dibuat dalam Googleform. Analisis data menuggunakan analisis univariat. Hasil: Sebagian besar mahasiswa  mengalami stres akademik pada kategori tingkat sedang yaitu 71,9 %, stres pada kategori tingkat tinggi 24,3 % dan stres pada kategori tingkat rendah sebesar 3,8 %.

Article Details

How to Cite
Tetty, V., & Norsanah. (2022). TINGKAT STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 BAGI MAHASISWA DI STIKES DIRGAHAYU SAMARINDA . Caritas Et Fraternitas: Jurnal Kesehatan, 1(1), 9-13. https://doi.org/10.52841/jkcef.v1i1.250
References
Affany. (2021). Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Diperoleh pada tanggal 10 April 2022 dari https://eprints.umm.ac.id/75210/1/SKRIPSI.pdf
Adrian et al. (2021). Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari https://jab.stikba.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/276/149
Bhat. (2020). Collateral effect of COVID-19 on public health in low-resource countries. Sage Journal. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0049475520941276
Lubis et al. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/download/5454/pdf
Harahap et al. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio/article/view/4804/0
Hikmat et al. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/1/FISIP%20Kelompok%207.pdf
Jannah & Santoso (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jrpm/article/view/638/503
Livana et al. (2020). “Learning Task” Attributable to Stundents’ Stress During the Pandemic Covid-19. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/590
Raj & Fatima. (2020). Stress in Students after Lockdown Due to COVID-19 Threat and the Effects of Attending Online Classes. Diperoleh pada tanggal 11 April 2022 dari https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3584220
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Tarwiyah et al. (2020). Metode Podomoro untuk Mengatasi Attention Residue pada Masa Pembelajaran Daring https://ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/270