Main Article Content

Misbah Nurjannah
Zulmah Astuti

Abstract

Pendahuluan: Cedera merupakan kondisi yang sering terjadi sehari-hari. Kondisi cedera yang paling sering terjadi di rumah tangga dan lingkungan salah satunya adalah sprain dan strain (keseleo). Sprain dan strain ini merupakan kegawatdaruratan sehari-hari yang perlu penanganan dengan cepat dan tepat. Penanganan sprain dan strain yang dapat dilakukan di rumah tangga dan lingkungan adalah penanganan RICE (Rest, Ice, Compression, and Elevation). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan sprain dan strain dpada masyarakat awam. Metode: Penelitian dilakukan dengan desain pra eksperimental one group pre test dan post test, dengan jumlah responden sebanyak 24 orang. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS IBM 25. Hasil: adanya perbedaan hasil pre test dan post test setelah dilakukan pendidikan kesehatan dengan nilai p < 0,005, dengan nilai median pre test adalah 28,6 dan nilai median post test adalah 85,7. Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan penanganan sprain dan strain (keseleo) pada masyarakat awam di Samarinda. Peningkatan pengetahuan sangat efektif dengan melakukan aplikasi secara langsung.  


 

Article Details

How to Cite
Nurjannah, M., & Astuti, Z. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PENANGANAN SPRAIN DAN STRAIN (KESELEO) PADA MASYRAKAT AWAM DI SAMARINDA. Caritas Et Fraternitas: Jurnal Kesehatan, 1(1), 19-24. https://doi.org/10.52841/jkcef.v1i1.252
References
Fredianto, M., & Noor, H. Z. (2020). Penanganan Cedera Olahraga Dengan Metode Rice. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Sakti, B. P., Purnanto, N. T., & Sulistiyarini, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Metode Rice Pada Ankle Sprain Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Remaja Laki-Laki Di Purwodadi. The Shine Cahaya Dunia D-Iii Keperawatan, 6(1).

Kurnia, E., Mahanani, S., Idris, D. N. T., & Kurniawati, F. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Melalui Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Pada Kasus Kegawatdaruratan Sehari-Hari. Pelita Abdi Masyarakat, 2(2), 99-103.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Wakid Nur Syamsuddin, W. (2022). Pengaruh Pemberian Pelatihan Rice Terhadap Keterampilan Penanganan Cedera Strain Pada Atlet Pencak Silat Di Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).

Ramadhan, R. R., Resita, C., & Yuda, A. K. (2021). Survey Pengetahuan Guru PJOK Tentang Penanganan Cedera Olahraga dengan Metode Rice. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 46-53.

Hardyanto, J., & Nirmalasari, N. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penanganan Pertama Cedera Olahraga Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Olahraga Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1).

Sofia, R., & Magfirah, S. (2021). Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19Pada Masyarakat Desa Paya Bujok Blang Pase Kota Langsa. Averrous: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh, 7(1), 53-63.