Main Article Content

Theresia Tutik Ismiati

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup berbahaya di seluruh dunia karena hipertensi merupakan faktor risiko utama gejala peningkatan tekanan darah yang dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung koroner. Jumlah penyandang hipertensi meningkat setiap tahunnya, diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 Miliar orang yang terkena hipertensi, dan diperkirakkan setiap tahunnya 9,4 juta orang meninggal akibat hipertensi dan komplikasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar faktor resiko hipertensi yang meliputi usia, obesitas, dan kadar kolesterol total dapat mempengaruhi tekanan darah karyawan operator tambang di Tenggarong Seberang. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen menggunakan desain deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah karyawan tambang yaitu operator HD dan Dozer berjumlah 30 orang, data diambil dari rekam medis medical cek up tahun 2020, dianalisis menggunakan chisquere. Hasil analisis menunjukkan hasil faktor usia, kadar kolesterol dan obesitas berpengaruh terhadap kejadian hipertensi pada karyawan yaitu usia (p=0,042), kadar kolesterol (p=0,017) dan obesitas (p=0,032). Usia atau umur merupakan salah satu faktor resiko terjadinya hipertensi yang tidak dapat diubah.

Article Details

How to Cite
Ismiati, T. T. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TEKANAN DARAH KARYAWAN OPERATOR TAMBANG DI TENGGARONG SEBERANG. Caritas Et Fraternitas: Jurnal Kesehatan, 1(1), 14-18. https://doi.org/10.52841/jkcef.v1i1.253
References
Ardiansyah, M. (2012). Medikal Bedah. Yogyakarta: Diva Press.
Budiono. (2016). Konsep dasar keperawatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Debora, O. (2012). Proses keperawatan dan pemeriksaan fisik. Jakarta: Salemba Medika.
Devi, A. K. (2017). Anatomi Fisiologi & Biokimia Keperawatan. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Fikriana, R. (2018). Sistem Kardiovaskuler. Yogyakarta: Deepublish.
Hermanto, R., Isro’in, L., & Nurhidayat, S. (2020). Upaya Penurunan Nyeri Pada Pasien. Health Sciences Journal, 90-111.
Kalim, H. (2017). Sistem Kardiovaskular. Singapura: Elsevier.
Mubarak, W. I. (2015). Standar Asuhan Keperawatan dan Prosedur Tetap dalam Praktik Keperawatan: Konsep dan Aplikasi dalam Praktik Klinik. Jakarta: Salemba Medika.
Mulyani, S. S. (2019). Asuhan Keperawatan Lansia dengan Hipertensi di Panti Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. Karya Tulis Ilmiah.
Nurhidayat, S. (2015). Asuhan Keperawatan Pada Hipertensi. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.
Perki, P. (2015). Pedoman Tatalaksana Hipertensi Pada Penyakit Kardiovaskuler. Jakarta: National Cardiovascular Centre Harapan Kita Hospital.
Udjianti, W. J. (2013). Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta: Salemba Medika