Main Article Content

Maria Silvana Dhawo

Abstract

Mahasiswa keperawatan sebagai generasi Z memiliki kecenderungan belajar yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Falsafah dan Teori Keperawatan merupakan mata kuliah yang abstrak untuk dipahami dan sangat teoritis. Capaian pembelajaran lulusan pada mata kuliah tersebut adalah yang paling rendah dari satu angkatan di salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banjarmasin. Bertolak dari hal tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang menarik bagi generasi Z untuk bisa bergabung dan memiliki minat yang baik untuk mempelajari mata kuliah ini. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan GBL (Game Based Learning) pada mata kuliah Falsafah dan Teori Keperawatan. Metode penelitian menggunakan desain R & D dalam 2 tahap. Tahap pertama mengidentifikasi kebutuhan integrasi GBL dan tahap kedua mengembangkan GBL. 20 mahasiswa keperawatan bergabung di dalam tahap pertama. Mayoritas mahasiswa menyatakan menyukai diskusi kelompok untuk proses belajar dan game membantu mereka untuk lebih giat belajar serta memiliki jadwal mandiri di rumah. GBL dapat diintegrasikan dalam mata kuliah Falsafah dan Teori Keperawatan. Pengajar perlu menyiapkan video pembelajaran, LMS, pertanyaan stimulasi, serta bentuk kuis yang menarik untuk dapat diintegrasikan dengan pembelajaran aktif lainnya saat perkuliahan falsafah dan teori keperawatan berlangsung.

Article Details

How to Cite
Dhawo, M. S. (2023). The Development of Game Based Learning on Philosophy and Nursing Theory Subject. Caritas Et Fraternitas: Jurnal Kesehatan, 1(2), 31-37. https://doi.org/10.52841/cefjk.v1i2.326
References
A, K. (2014). Experiential learning: experience as the source of learning and development. 'In the process of experiential learning. PH Press, 20-40.
AIPNI. (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia. Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).
Almashayek, I., Al-Khateeb, H., & Bader, M. (2022). Effective Method for Nurses Education: Gaming Versus Lecturing. Asian Pasific Journal of Cancer Prevention, 2633-2642.
Anguas-Gracia, Valera, S., Anton-Solanas, Roca, R., Satustegui-Dorda, & Pardo, U. (2021). An Evaluation of Undergraduate Student Nurses' Gameful experience while playing an escape room game as part of a community Health Nursing Course. Nurse Education Today, 103.
Dhawo, M. S. (2019). Effectiveness of combined Problem-Based Learning and Flipped Classroom Strategies in Teaching A Medical-Surgical Course: A Randomized Controlled Trial Study. K n E Life Science, 837-846.
Hernandez, Z., Mena, A., & Ornelas, L. (2016). Integration of gamification and active learning in the classroom. Ra Ximhai, 315-325.
J, G., & J, G. (2021). Nursing Students' evaluation of a gamified public health educational webinar: a comparative Pilot Study. Nursing Open 8, 1812-1821.
Kapp, K. (2012). The Gamification of Learning and Instruction. Pfieffer of Willey and Sons.
Kinder, F. D., & M.Kurz, J. (2018). Gaming Strategis in Nursing Education. Teaching and Learning in Nursing, 212-214.
Lim, J., Ko, H., Yang, J. W., Kim, S., Lee, S., Chun, M.-S., . . . Park, J. (2019). Active Learning Through Discussion: ICAP Framework for Education in Health Profession. BMC Medical Education, 2-8.
Pront, L., Muller, A., Koschade, A., & Hutton, A. (2018). Gaming in Nursing Education: A Literature Review. Nursing Education Perspectives, 23-28.
Rodriguez, L. S., Hernandez, P. E., & Ruiz, N. S. (2020). A theme to learn about nursing theoriest and model: A descriptive study. Nurse Education in Practice.
Tavares, N. (2022). The use and impact of game based learning experience and knowledge retension of nursing undergraduate students: A systematic Literature Review. Nurse Education Today, 1-6.
Viola, G., Molina, G., Hernandez, M., Gamez, G., Manrique, A., & Puertas, G. (2019). The Influence of gamification on Decision Making in Nursing Students. Nurse Educators Today, 718-722.