Main Article Content

Vita Nur

Abstract

Low Back Pain (LBP) merupakan gangguan muskuloskeletal yang dapat terjadi karena pada otot rangka terdapat kelainan. Data LBP pada anak usia sekolah di Jawa Tengah sebesar 40% dengan prevalensi anak laki-laki 18,2% dan anak perempuan 13,6%. Dampak negatif yang ditimbulkan akibat tidak menerapkan posisi ergonomis adalah kejenuhan, kelelahan, timbulnya penyakit, dan bahkan kematian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan posisi ergonomi terhadap pencegahan risiko LBP pada siswa SMAN 1 Wonosari Klaten. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probility Sampling dengan Simple Random Sampling sebanyak 104 responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner pengetahuan ergonomi, Rapid Entire Body Assesment (REBA) dan Nordic Body Map (NBM). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistic yaitu Friedman Two Way Anova. Hasil penelitian diperoleh nilai p value sebesar 0,000 (p<0,05) antara pengetahuan ergonomi dan posisi ergonomi dengan risiko LBP. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan posisi ergonomi terhadap pencegahan risiko LBP pada siswa SMAN 1 Wonosari Klaten.

Article Details

How to Cite
Nur, V. (2024). Hubungan Pengetahuan dan Posisi Ergonomi terhadap Pencegahan Risiko Low Back Pain (LBP) pada Siswa SMAN 1 Wonosari Klaten. Caritas Et Fraternitas: Jurnal Kesehatan, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.52841/cefjk.v3i1.441
References
Setiyowati, Y. D., & Hartati, Y. R. (2022). Hubungan antara Pengetahuan, Perilaku Ergonomi Fisik Siswa SMA saat Belajar dan Kejadian Nyeri Punggung pada Siswa SMA Jakarta Barat. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 10(1), 120–124. https://doi.org/10.20527/jdk.v10i1.12

Abdu, S., Nikodemus Sili Beda, Maria Lili Nencyani, & Reski Mentodo. (2022). Analisis Faktor Determinan Risiko Low Back Pain (LBP) pada Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 5(1), 5–13. https://doi.org/10.52774/jkfn.v5i1.95

Fernando, A. K. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Keluhan Low Back Pain pada Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 000, 241–250. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/41266

Samfriati Sinurat1, Friska Ginting2, D. A. S. (1975). Hubungan Pengetahuan Dengan Penerapan Ergonomi Tubuh saat Pembelajaran Online pada Mahasiswa Tingkat II Prodi Ners Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2022. Eesti NSV Teaduste Akadeemia Toimetised. Keemia. Geoloogia, 24(2), 168. https://doi.org/10.3176/chem.geol.1975.2.10

Ulwiyah, T., & Indrawati, L. (2022). Hubungan Perilaku Posisi Ergonomi dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Mahasiswa Stikes Medistra Indonesia. Nursing Arts, 16(1), 53–60. http://e-repository.stikesmedistra-indonesia.ac.id/xmlui/handle/123456789/106

Pristianto, A., Septiawan, M. A., Putri, S. R., Meitriyana, R., Azizah, H. N., & Ammar, M. R. (2023). Edukasi Latihan Penguatan Core Muscle untuk Mengatasi Keluhan Low Back Pain. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(1), 56–60. http://www.jurnal.ugp.ac.id/index.php/jppmi/article/view/344

Salim, H., & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. In Society (Vol. 2, Nomor 1). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=2fq1DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=alim,+H.,+%26+Haidir.+(2019).+Penelitian+Pendidikan+Metode,+Pendekatan+dan+Jenis.+In+Society+(Vol.+2,+Nomor+1).&ots=wSeV7-odKm&sig=vpTr4TjDfbkULqqBa5OjjUG1sS0