Main Article Content

Agnesia Winda
Kornelia Mina

Abstract

Capaian pembelajaran menurut Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia KKNI (Perpres no 8/2012) adalah tercapainya kompetensi melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Evaluasi kompetensi ini didapatkan melalui ujian yang disebut dengan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI). Mengetahui hubungan  MengikutiTry OutTerhadap Kelulusan Uji Kompetensi Nasional DIII Keperawatan Pada Mahasiswa STIKES Dirgahayu Samarinda. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling penelitian ini yaitu total sampling. Analisis penelitian ini menggunakan uji chi-square. Data responden yang mengikuti Try Out UKOM mahasiswa DIII Keperawatan STIKES Dirgahayu Samarinda tahun 2020, dari total 128 responden tahun 2020, terdapat 126 responden yang mengikuti try out Uji Kompetensi dengan persentase 98%, dan 2 responden yang tidak mengikuti  try out Uji Kompetensi dengan persentase 2%. Data Capaian Kelulusan UKOM Nasional mahasiswa DIII Keperawatan STIKES Dirgahayu Samarinda tahun 2020, dari total 128 responden tahun 2020, terdapat 125 responden kompeten (Lulus) UKOM Nasional dengan persentase 98%, dan 3 responden yang tidak kompeten (tidak lulus) UKOM Nasional dengan persentase 2%. Hasil analisa data menunjukkan tidak ada Hubungan yang signifikan,antara mengikuti try out terhadap Kelulusan UKOM Nasional DIII Keperawatan STIKES Dirgahayu Samarinda

Article Details

How to Cite
Winda, A., & Mina, K. (2021). HUBUNGAN MENGIKUTI TRY OUT TERHADAP KELULUSAN UJI KOMPETENSI NASIONAL DIII KEPERAWATAN PADA MAHASISWA STIKES DIRGAHAYU SAMARINDA. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 3(2), 23-28. https://doi.org/10.52841/jkd.v3i2.198
References
Abdillah, A. (2016) “Analisis Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia,” Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(2).Hal.373-380.

AIPNI (2016) Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015.Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.

DIKTI (2014) Peningkatan Kompetensi lulusan Pendidikan Tinggi Kesehatan Melalui Uji Kompetensi. Jakarta.

Kholifah, S (2016), Hambatan Lulusan Ners dalam Menghadapi Uji Kompetensi Ners Indonesia, “The Indonesian Journal Health Science, 7”.