HUBUNGAN MENGIKUTI TRY OUT TERHADAP KELULUSAN UJI KOMPETENSI NASIONAL DIII KEPERAWATAN PADA MAHASISWA STIKES DIRGAHAYU SAMARINDA
Main Article Content
Abstract
Capaian pembelajaran menurut Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia KKNI (Perpres no 8/2012) adalah tercapainya kompetensi melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Evaluasi kompetensi ini didapatkan melalui ujian yang disebut dengan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI). Mengetahui hubungan MengikutiTry OutTerhadap Kelulusan Uji Kompetensi Nasional DIII Keperawatan Pada Mahasiswa STIKES Dirgahayu Samarinda. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling penelitian ini yaitu total sampling. Analisis penelitian ini menggunakan uji chi-square. Data responden yang mengikuti Try Out UKOM mahasiswa DIII Keperawatan STIKES Dirgahayu Samarinda tahun 2020, dari total 128 responden tahun 2020, terdapat 126 responden yang mengikuti try out Uji Kompetensi dengan persentase 98%, dan 2 responden yang tidak mengikuti try out Uji Kompetensi dengan persentase 2%. Data Capaian Kelulusan UKOM Nasional mahasiswa DIII Keperawatan STIKES Dirgahayu Samarinda tahun 2020, dari total 128 responden tahun 2020, terdapat 125 responden kompeten (Lulus) UKOM Nasional dengan persentase 98%, dan 3 responden yang tidak kompeten (tidak lulus) UKOM Nasional dengan persentase 2%. Hasil analisa data menunjukkan tidak ada Hubungan yang signifikan,antara mengikuti try out terhadap Kelulusan UKOM Nasional DIII Keperawatan STIKES Dirgahayu Samarinda
Article Details
AIPNI (2016) Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015.Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.
DIKTI (2014) Peningkatan Kompetensi lulusan Pendidikan Tinggi Kesehatan Melalui Uji Kompetensi. Jakarta.
Kholifah, S (2016), Hambatan Lulusan Ners dalam Menghadapi Uji Kompetensi Ners Indonesia, “The Indonesian Journal Health Science, 7”.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.