Main Article Content

koko wahyu

Abstract

Kesehatan mata di masa pandemi Covid-19 perlu diperhatikan untuk mencegah gangguan penglihatan dengan menerapkan latihan yogic eye exercise yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan mata, meningkatkan fungsi penglihatan, dan merilekskan pikiran dalam mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh Yogic Eye Exercise terhadap penurunan astenopia pada mahasiswa keperawatan Poltekkes Surakarta dalam mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra eksperimental design dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu mahasiswa keperawatan yang sedang mengikuti pembelajaran daring sebanyak 43 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner visual fatigue index. Hasil uji analisis Mc Nemar sebelum dan sesudah diberikan terapi yogic eye exercise didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar ρ-value = 0,000 (ρ-value ˂ 0,05) sehingga terdapat pengaruh yogic eye exercise terhadap penurunan astenopia pada mahasiswa keperawatan Poltekkes Surakarta dalam mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Diharapkan, intervensi yogic eye exercise dapat diterapkan di berbagai sektor baik di institusi pendidikan, kantor maupun di komunitas umumnya.

Article Details

How to Cite
wahyu, koko. (2023). PENURUNAN ASTENOPIA DENGAN PENERAPAN INTERVENSI YOGIC EYE EXERCISE. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 5(1), 1-8. https://doi.org/10.52841/jkd.v5i1.328
References
8 Powerful Yoga Exercise for your Eyes | Yoga for Eyes | The Art of Living India. (n.d.). Retrieved November 11, 2021, from https://www.artofliving.org/inen/yoga/health-and-wellness/yoga-eyes#sidr-main
Abdu, S., Saranga’, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59
Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (1st ed.). Abpublisher.
Andriani, R., Purwanto, B., & Adriani, M. (2019). Uji Psikomotor Waktu Reaksi pada Siswa yang Sarapan dan Tidak Sarapan. Amerta Nutrition, 3(1), 7. https://doi.org/10.20473/amnt.v3i1.2019.7-12
Anggriani, Y., Ramdan, I. M., & Lusiana, D. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Gejala Kelelahan Mata pada Pengrajin Sarung Tenun Kota Samarinda. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 4(8), 505–517. https://doi.org/10.35963/hmjk.v4i8.152
Arizona, M., Purba, B. B. D., & Gultom, P. L. (2020). Hubungan Lamanya Bermain Game Online dengan Keluhan Kelelahan Mata pada Siswa SMA Negeri 1 Delitua Kec. Deli Tua Kab. Deli Serdang. Jurnal Penelitian Kesmasy, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.36656/jpksy.v3i1.366
Assagaf, A. R., Tamtelahitu, C. L., & Rahawarin, H. (2020). Hubungan Tingkat Kecanduan Bermain Online Game dengan Tingkat Astenopia pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. PAMERI: Pattimura Medical Review, 2(2), 145–160. https://doi.org/10.30598/pamerivol2issue2page145-160
Ayaki, M., Kuze, M., Kondo, M., Tsubota, K., & Negishi, K. (2019). Association between retinal nerve fiber layer thickness and eye fatigue. BioMed Research International, 2019(1), 1–8. https://doi.org/10.1155/2019/3014567
Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online (2nd ed., Issue 2). Penerbitan Universitas Terbuka Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Chandra, J., & Kartadinata, E. (2018a). Hubungan antara Durasi Aktivitas Membaca dengan Astenopia pada Mahasiswa. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 1(3), 185–190. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2018
Chandra, J., & Kartadinata, E. (2018b). Hubungan antara Durasi Aktivitas Membaca dengan Astenopia pada Mahasiswa. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 1(3), 185–190. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2018
Chiuloto, K. (2011). Pengaruh Keadaam Lingkungan Kerja dan Radiasi Non Peng-Ion Terhadap Kelelahan Mata pada Karyawan Biro Perjalanan di Kota Medan. Universitas Sumatra Utara.
Damai, I. W. (2021). Inovasi Pembelajaran E-Learning Matematik Melalui Flatform Era Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 6, 121–133. http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/172.
Dewi, R. I. S., & Novia, V. R. (2020). Pengaruh Senam Yoga Mata Terhadap Penurunan Kelelahan Mata pada Pekerja di Divisi Redaksi Padang Ekspres. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1), 37–41. https://ejournal.stikeskepanjenpemkabmalang.ac.id/index.php/mesencephalon/article/view/193
Fadrianto, A. (2019). E-Learning dalam Kemajuan Iptek yang Semakin Pesat. Indonesian Journal on Networking and Security, 8(4), 1–6. https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1598
Fernanda, N., & Amalia, H. (2018). Hubungan Akomodasi Insufisiensi dan Astenopia pada Remaja di Jakarta Barat. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2018.v1.10-17
Firman, F., & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gupta, S., & Aparna, S. (2019). Effect of Yoga Ocular Exercises on Intraocular Pressure. Yoga Mimamsa, 51(2), 48–53.https://doi.org/10.4103/ym.ym_13_19
Han, C. C., Liu, R., Liu, R. R., Zhu, Z. H., Yu, R. Bin, & Ma, L. (2013). Prevalence of Asthenopia and Its Risk FFactors in Chinese College Students. International Journal of Ophthalmology, 6(5), 718–722. https://doi.org/10.3980/j.issn.2222-3959.2013.05.31
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2015). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In H. Abadi (Ed.), Pustaka Ilmu (1st ed., Issue 1). Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Harefa, E. I. J. (2019). Peningkatan Perencanaan Asuhan Keperawatan Komunitas di Rumah Sakit. https://doi.org/10.31227/osf.io/385md
Heryana, A. (2020). Buku Ajar Metodologi Penelitian pada Kesehatan Masyarakat. In Bahan Ajar Keperawatan Gigi (2nd ed., Issue 2).
Insani, Y., & Wunaini, N. (2018). Hubungan Jarak Mata dan Intensitas Pencahayaan terhadap Computer Vision Syndrom. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr.Soetomo, 4(2), 153–162.
International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB). (2019). The World Report on Vision IAPB Summary 2.
Irma, I., Lestari, I., & Kurniawan, A. R. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Subjektif Kelelahan Mata pada Pengguna Komputer. Jurnal Kesehatan Pencerah, 8(1), 15–23.
Ismandari, F. (2018). Situasi Gangguan Penglihatan. In N. Kurniasih (Ed.), Kementrian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi (1st ed.). Kementrian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi.https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-Gangguan-penglihatan-2018.pdf
Jannah, S. R. (2020). Perencanaan Asuhan Keperawatan di Dalam Komunitas. OSF Preprints, 1–7.
Jehung, B. Y., Suwarto, S., & Alfanan, A. (2022). Hubungan Intensitas Pencahayaan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Karyawan Di Kampus Universitas Respati Yogyakarta Tahun 2021. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 7(1), 77. https://doi.org/10.35842/formil.v7i1.412
Karmini. (2020). Statistika Non Paramentrik (1st ed.). Mulawarman University Press.
Kartikaningrum, E. D., Alberta, L. T., Puspitanngsih, D., & Kusuma, Y. L. H. (2017). Konsep Dasar Keperawatan Komunitas. In R. L. Mahmudah (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (1st ed., Vol. 53, Issue 9). STIKesMajapahitMojokert.http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/EBook/article/view/324/647
Kartini, K., H, A., NA, Z., Yenny, Y., & C, A. (2021). Penyuluhan Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 2(1), 9–32. https://doi.org/https://doi.org/10.25105/juara.v2i1.8267
Khurya, K. R., & Prayoga, D. (2021). Eye Fatigue During Pandemic Covid-19: Literatire Review. Jurnal Ilmiah, 11, 515–524.
Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional. In Kementerian Kesehatan RI. Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. http://www.depkes.go.id/article/view/17070700004/program-indonesia-sehat-dengan-pendekatan-keluarga.html
Maisal, F. M., Ruliati, L. P., Berek, N. C., Roga, A. U., & Ratu, J. M. (2020). Efektivitas Senam Mata untuk Mengurangi Tingkat Kelelahan Mata pada Pekerja Rambut Palsu. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic), 6(1), 9. https://doi.org/10.24843/jei.2020.v06.i01.p02
Mirna, Yuliati, & Mahmud, N. U. (2020). Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Mata pada Pekerja PT. Semen Bosowa Maros. Window of Public Health Journal, 01(03), 232–240.
Mukholid, A., Taufik, M. S., Pido, N. W. T., Destriani, Nurhidayah, Fitriana, E., Saba, K. R., Fauziah, Kusumawati, H., Andni, R., Yuliatun, Ulfah, A. K., Biduri, F. N., Margiati, Noer, R. M., Mustikasari, M., Yulianti, Bhimadi, T., Siyono, … Haya, N. (2021). Nyalakan Semangat Pendidikan Melalui Daring. In A. Wijayanto (Ed.), Akademia Pustaka (1st ed.). Akademia Pustaka.
Naota, S. K., Afni, N., & Moonti, S. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Gejala Kelelahan Mata pada Operator Komputer di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 268–282. garuda.ristekditi.go.id
Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. In Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Katalog Dalam Terbitan (KAD) (1st ed.). Jayapangus Press.
Nurrohmah, N., Asmarani, F. L., & Sucipto, A. (2020). Kombinasi Senam Mata dan Pemberian Kencur dalam Menurunkan Tingkat Nyeri Mata Lelah pada Penjahit. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, 9(2), 117–268. https://doi.org/10.37341/interest.v9i2.214
Pabala, J. L., Roga, A. U., & Setyobudi, A. (2021). Hubungan Usia, Lama Kerja dan Tingkat Pencahayaan dengan Kelelahan Mata (Astenopia) pada Penjahit di Kelurahan Kuanino Kota Kupang. Media Kesehatan Masyarakat, 3(2), 215–225. https://doi.org/10.35508/mkm
Pradono, J., Hapsari, D., Supardi, S., & Budiarto, W. (2018). Buku Panduan Manajemen Penelitian Kuantitatif. In Trihono (Ed.), Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Vol. 53, Issue 9). Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Pustikasari, A., & Fitriyanti, L. (2021). Stress dan Zoom Fatigue pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 25–37. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.467
Putri, D. W., & Mulyono, M. (2018). Hubungan Jarak Monitor, Durasi Penggunaan Komputer, Tampilan Layar Monitor, Dan Pencahayaan Dengan Keluhan Kelelahan Mata. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.20473/ijosh.v7i1.2018.1-10
Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Rianil, M. I. D., Wildan, A., & Johan, A. (2018). Pengaruh Lama Penggunaan Komputer Terhadap Kuantitas Air Mata dan Refleks Berkedip. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(2), 388–395.
Rizanti, A. P. (2021). Yoga Ocular Exercises to Maintain Eye Health During Work and Distance Learning in the New Normal Era. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 14(1), 1–9.
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. In H. Upu (Ed.), Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung (1st ed.). Pustaka Ramadhan. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Salote, A., Jusuf, H., Amalia, L., Gorontalo, U. N., Gorontalo, U. N., Gorontalo, U. N., Monitor, J., & Mata, G. K. (2020). Hubungan Lama Paparan Dan Jarak Monitor Dengan Gangguan Kelelahan Mata Pada Pengguna Komputer. Jurnal Health and Science, 4(2), 104–121.
Saniman, S., & Pranata, A. (2020). Otomatisasi Tingkat Kecerah Layar (Screen Brightness) Pada Laptop Menggunakan Teknik Komunikasi Serial Berbasis Arduino. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 19(1), 128. https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.233
Sattarov, A. F., & Khaitova, N. F. (2019). Mobile learning as New Forms and Methods of Increasing The Effectiveness of Education. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 7(12), 1169–1175. https://science.i-edu.uz/index.php/archive_jspi/article/download/133/250
Setiawan, A. (2021). Kementerian Komunikasi dan Informatika. Portal Informasi Indonesia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36448/internet-primadona-kala-pandemi/0/artikel
Setiawan, D. (2017). Hubungan Antara Umur dan Intensitas Cahaya Las dengan Kelelahan Mata pada Juru Las Pt. X di Kabupaten Gresik. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 5(2), 142–152. https://doi.org/10.20473/ijosh.v5i2.2016.142-152.
Sheikh, M. K., Malavde, R., & Daigavane, S. (2020). Yogic Eye Exercises Followed by The Ergonomic Advice on Eye Fatigue in Children Attending Online Classes in COVID-19. International Journal of Current Research and Review, 12(17), 132–136.https://doi.org/10.31782/IJCRR.2020.121720
Sinaga, M. R. E. (2021). Pencegahan Covid-19 Melalui Pemberian Asuhan Keperawatan Komunitas Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 59–66. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6701
Sivanandan, A., & Gupta, S. K. (2019). Effect of Yoga Ocular Exercises on Binocular Vision Functions. Optometry & Visual Performance, 7(4), 229–237. https://www.researchgate.net/publication/336846101
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (Ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (1st ed., Vol. 1). Alfabeta.
Suhardjo, & Hartono, S. (2013). Buku Ilmu Kesehatan Mata (A. T. Hernowo & M. B. Sasongko (Eds.)). Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. http://mitrahukum.org/wp-content/uploads/2012/09/Jurnal-2.pdf
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda (Ed.); 1st ed.). Citapustaka Media. ISBN 979-3216-90-5
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Utami, A. R. T., Suwondo, A., & Jayanti, S. (2018). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kelelahan Mata pada Pekerja Home Industry Batik Tulis Lasem. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(5), 469–475.
Warsita, B. (2018). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran yang Efektif dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452
Wijaya, N. H., Kartika, W., & Utari, A. R. D. (2019). Deteksi Radiasi Gelombang Elektromagnetik dari Peralatan Medis dan Elektronik di Rumah Sakit. Jurnal Ecotipe (Electronic, Control, Telecommunication, Information, and Power Engineering), 6(2), 102–106. https://doi.org/10.33019/ecotipe.v6i2.1393
Yassierli, Y., Aisha, A. N., & Nugraha, A. G. (2016). Pengembangan Alat Pengukuran Kelelahan Mental Berbasis Uji Flicker. Jurnal Teknik Industri, 18(1). https://doi.org/10.9744/jti.18.1.11-20
Yuliana, A. R. (2018). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Terjadinya Cacat Mata Miopia pada Siswa SMP Gungwungkal Kabupaten Pati. Jurnal Profesi Keperawatan, 5(1), 85–102.
Yulianti, I., Prameswari, V. E., & Prihartini, S. D. (2022). Pengaruh Screen Time, Ergonomic Position dan Jarak Pandang dengan Media Pembelajaran Daring Terhadap Ketajaman Penglihatan Anak. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 8(1), 159–165.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Zhang, Z., Xu, G., Gao, J., Wang, L., Zhu, Y., Li, Z., & Zhou, W. (2020). Effects of E-learning Environment Use on Visual Function of Elementary and Middle School Students: A Two-Year Assessment Experience from China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(5), 1–19. https://doi.org/10.3390/ijerph17051560