Main Article Content

Eky Madyaning Nastiti
Feri Ekaprasetia
Rida Darotin

Abstract

Cedera yang seringkali terjadi pada anak sekolah adalah cedera yang terjadi pada musculoskeletal. Sekitar 30,5% kejadian cedera muskuloskeletal dialami anak sekolah mencapai 33,2% di Jawa Timur. Untuk memberikan pertolongan pertama pada cedera musculoskeletal dibutuhkan dasar pengetahuan dan sikap yang berperan penting dalam menginisiasi perilaku pertolongan pertama. Media yang dapat dikembangkan dalam upaya pendidikan kesehatan adalah dalam bentuk audiovisual melalui film dokumenter. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk menganalisis pengaruh media film dokumenter pertolongan pertama dalam peningkatan pengetahuan dan sikap siswa tentang pertolongan pertama cedera musculoskeletal. Penelitian menggunakan desain quasi eksperimen one group pretest- posttest design dengan melibatkan 72 siswa kelas VII dengan teknik probability jenis proporsionate stratified random sampling. Media yang digunakan dalam penelitian berupa film documenter yang menggambarkan tata cara metode RICE pada kasus cedera musculoskeletal. Penelitian diawali dengan pemberian kuesioner pre test selanjutnya responden diberikan penayangan film documenter, seminggu kemudian dilakukan pengukuran post test pada responden. Uji statistik menunjukkan selisih sebesar 29,3 antara rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah dengan nilai p-value 0,000 (p-value <0,05). Pada variable sikap menunjukkan selisih sebesar 2,12 antara rata-rata nilai sikap sebelum dan sesudah dengan nilai p-value 0,008 (p-value <0,05). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media film dokumenter terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa dalam pertolongan cedera musculoskeletal, hal ini berkaitan dengan keefektifan film dokumenter sebagai implementasi media audiovisual dalam menyampaikan materi lebih menarik melalui bentuk suara maupun gambar dan dapat diulang berkali-kali sehingga materi lebih melekat sebagai pengalaman pribadi yang akan mengubah kemampuan kognitif dan sikap seseorang.

Article Details

How to Cite
Nastiti, E. M., Ekaprasetia, F., & Darotin, R. (2023). PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DALAM PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA MUSKULOSKELETAL. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 5(2), 25-30. https://doi.org/10.52841/jkd.v5i2.386
References
Azhari, M. A., & Fayasari, A. (2020). Pengaruh edukasi gizi dengan media ceramah dan video animasi terhadap pengetahuan sikap dan perilaku sarapan serta konsumsi sayur buah. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(1), 55. https://doi.org/10.30867/action.v5i1.203
Banfai, B., Pek, E., Pandur, A., Csonka, H., & Betlehem, J. (2017). “The year of first aid”: Effectiveness of a 3-day first aid programme for 7-14-year-old primary school children. Emergency Medicine Journal, 34(8), 526–532. https://doi.org/10.1136/emermed-2016-206284
Hoque, D. M. E., Islam, M. I., Salam, S. S., Sadeq-Ur Rahman, Q., Agrawal, P., Rahman, A., Rahman, F., El-Arifeen, S., Hyder, A. A., & Alonge, O. (2017). Impact of first aid on treatment outcomes for non-fatal injuries in rural Bangladesh: Findings from an injury and demographic census. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(7), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph14070762
Mathur, A., Mehra, L., Diwan, V., & Pathak, A. (2018). Unintentional childhood injuries in urban and rural ujjain, india: A community-based survey. Children, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.3390/children5020023
Nastiti, E. M. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Layperson Usia Anak Sekolah Terhadap Efikasi Diri Dalam Penanganan Kasus Cedera : a Systematic Review. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 8(2), 148–153. https://doi.org/10.36858/jkds.v8i2.232
Nurlaili, Utami, W., & Cahyani, T. (2018). Buku Ajar Keperawatan Anak. LeutikaPrio.
Putri, H. P., Andara, F., & Sufyan, D. L. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Di Jakarta Timur. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11608
RISKESDAS. (2018). Laporan Hasil Kesehatan: Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKEDAS). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Wahyuningsih, I., Rifa’i, V. A., Herlianita, R., & Pratiwi, I. D. (2022). Pengaruh Metode Self Direct Video Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Resusitasi Jantung Paru (RJP) Pada Relawan. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 155–170. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.345
Widyanto, F. . (2014). Keperawatan Komunitas dengan Pendekatan Praktis. Nuha Medika.