TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT I DIPLOMA III KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN DIRGAHAYU SAMARINDA
Main Article Content
Abstract
Stres akademik merupakan stress yang dapat dialami oleh peserta didik, khususnya mahasiswa program Diploma III Keperawatan. Pengaruh usia yang masih remaja dan tuntutan kurikulum menjadi faktor pencetus mengalami stress akademik. Akumulasi stres akademik dapat menyebakan gangguan fisik dan psikologis. Kegagalan peserta didik dalam berprestasi secara akademik merupakan gambaran mudah untuk melihat adanya stress akademik. Stres akademik terjadi akibat beberapa faktor. Baik faktor eksternal maupun faktor internal. Kegagalan dalam proses pembelajaran akan berdampak kepada kualitas lulusan dan pemanfaatan lulusan di lahan kerja. Rendahnya inisiatiaf dan motivasi kerja akibat stress akademik akan menurunkan kualitas peserta didik di lahan kerja. Masyarakat sebagai penerima jasa justru akan menerima dampaknya. Diantaranya pelayanan keperawatan yang tidak professional. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif cross sectional. Menggunakan skor stress DASS 42 yang telah di modifikasi. Melalui kuesioner akan di dapatkan skor responden dan menentukan tingkat stress akademik yang dialami.
Article Details
Alvin, N. 2007. Handling Study Stress: Panduan agar Anda Bisa Belajar bersama Anak-Anak Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Anggola, J.E., & Ongori, H. 2009. “An Asessment of Academic Stress Among Undergraduate Students: The case of university of botswana”. Educational research and reviews, 4 (2): 063-070
Bakrie. 2010. Ciri-ciri penting remaja Akhir. http://www.tnol.co.id/id/spiritualpsychology. Diakses pada tanggal 24 Desember 2017
Bariyyah, K. 2013. “Menurunkan Tingkat Stres Akademik Siswa dengan Teknik Cognitive-Behavioral Stres Management”. Proseding Kongres XII, Konvensi XVIII Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia dan Seminar Internasiol Konseling. Denpasar Bali, 14-16 November
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Govaerst & Gregoire. 2006. Stressfull academic situations: study on appraisal variables in adolescence‟, British Journal of Clinical Psycology, vol. 54, hh.261-271
Goff, A.M. (2011). Stressors, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Scholarship, 8(1), 1–20.
Hafifah N, Widiani E, Rahayu W ( 2017) Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News Volume 2, Nomor 3, 2017
Kadapatti & Vijayalaxmi. 2012. Stressors of academic stress‟ a study on presuniversity students. Indian J. Sci. Res, vol. 3, no. 1,
Maryama. 2015. Pengaruh character strengths dan gender terhadap stres akademik mahasiswa uin jakarta yang kuliah sambil bekerja‟,skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi UIN
Matheny, Kenneth, dkk. 1993. Stress in School-Aged Children and Youth. Educational Psychologhy Review Vol.5.
Purwati, S. 2012. Tingkat stres akademik pada mahaiswa regular angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. skripsi tidak diterbitkan. FIK UI DEPOK
Perry & Potter (2005) Fundamental of Nursing : Concept, process & practice. (Asih, Y et all, penerjemah) Jakarta. EGC
Rahmadani, C. S. M. 2014. Hubungan antara Sense of Humor dengan Stress Akademik pada Siswa Kelas Akselerasi SMA Negeri 1 Bireun (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area
Sarafino, E. P. 2006. Health Psychology: Biopsychosocial interactions. Fifth
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Smeltzer & Bare. (2008). Brunner & Sudarth‟s textbook Of medicalsurgical nursing. vol. 1, eds. 11th,Lippicontt. Philladelpia
Turner, K. & McCarthy, V.L. (2017). Stress and anxiety among nursing students: A review of intervention strategies in literature between 2009 and 2015. Nurse Education in Practice, 22, 21–29
Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.
Walgito (2007) Psikologi Kelompok. Yogyakarta. Andi
WHO ( 2019) What is the WHO definition of Health. https://www.who.int/suggestions/faq/en/. Diunduh 2 Februari 2019
Yuliawan, Anton (2016) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan latar Belakang Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal PROFESI no 1. Sept 2016
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.