Main Article Content

Remita Hutagalung

Abstract

Stres akademik merupakan stress yang dapat dialami oleh peserta didik, khususnya mahasiswa program Diploma III Keperawatan. Pengaruh usia yang masih remaja dan tuntutan kurikulum menjadi faktor pencetus mengalami stress akademik. Akumulasi stres akademik dapat menyebakan gangguan fisik dan psikologis. Kegagalan peserta didik dalam berprestasi secara akademik merupakan gambaran mudah untuk melihat adanya stress akademik. Stres akademik terjadi akibat beberapa faktor. Baik faktor eksternal maupun faktor internal. Kegagalan dalam proses pembelajaran akan berdampak kepada kualitas lulusan dan pemanfaatan lulusan di lahan kerja. Rendahnya inisiatiaf dan motivasi kerja akibat stress akademik akan menurunkan kualitas peserta didik di lahan kerja. Masyarakat sebagai penerima jasa justru akan menerima dampaknya. Diantaranya pelayanan keperawatan yang tidak professional. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif cross sectional. Menggunakan skor stress DASS 42 yang telah di modifikasi. Melalui kuesioner akan di dapatkan skor responden dan menentukan tingkat stress akademik yang dialami.

Article Details

How to Cite
Hutagalung, R. (2019). TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT I DIPLOMA III KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN DIRGAHAYU SAMARINDA. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 1(2), 17-25. https://doi.org/10.52841/jkd.v1i2.86
References
Agista, Isni. 2011. Penanganan Kasus Stres dalam Menghadapi Aktifitas Kuliah Melalui Pendekatan Konseling Behavioristik dengan Teknik Pengelolaan Diri pada Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: UNNES.

Alvin, N. 2007. Handling Study Stress: Panduan agar Anda Bisa Belajar bersama Anak-Anak Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Anggola, J.E., & Ongori, H. 2009. “An Asessment of Academic Stress Among Undergraduate Students: The case of university of botswana”. Educational research and reviews, 4 (2): 063-070

Bakrie. 2010. Ciri-ciri penting remaja Akhir. http://www.tnol.co.id/id/spiritualpsychology. Diakses pada tanggal 24 Desember 2017

Bariyyah, K. 2013. “Menurunkan Tingkat Stres Akademik Siswa dengan Teknik Cognitive-Behavioral Stres Management”. Proseding Kongres XII, Konvensi XVIII Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia dan Seminar Internasiol Konseling. Denpasar Bali, 14-16 November

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Govaerst & Gregoire. 2006. Stressfull academic situations: study on appraisal variables in adolescence‟, British Journal of Clinical Psycology, vol. 54, hh.261-271

Goff, A.M. (2011). Stressors, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Scholarship, 8(1), 1–20.

Hafifah N, Widiani E, Rahayu W ( 2017) Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News Volume 2, Nomor 3, 2017

Kadapatti & Vijayalaxmi. 2012. Stressors of academic stress‟ a study on presuniversity students. Indian J. Sci. Res, vol. 3, no. 1,

Maryama. 2015. Pengaruh character strengths dan gender terhadap stres akademik mahasiswa uin jakarta yang kuliah sambil bekerja‟,skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi UIN

Matheny, Kenneth, dkk. 1993. Stress in School-Aged Children and Youth. Educational Psychologhy Review Vol.5.

Purwati, S. 2012. Tingkat stres akademik pada mahaiswa regular angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. skripsi tidak diterbitkan. FIK UI DEPOK

Perry & Potter (2005) Fundamental of Nursing : Concept, process & practice. (Asih, Y et all, penerjemah) Jakarta. EGC

Rahmadani, C. S. M. 2014. Hubungan antara Sense of Humor dengan Stress Akademik pada Siswa Kelas Akselerasi SMA Negeri 1 Bireun (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area

Sarafino, E. P. 2006. Health Psychology: Biopsychosocial interactions. Fifth

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Smeltzer & Bare. (2008). Brunner & Sudarth‟s textbook Of medicalsurgical nursing. vol. 1, eds. 11th,Lippicontt. Philladelpia

Turner, K. & McCarthy, V.L. (2017). Stress and anxiety among nursing students: A review of intervention strategies in literature between 2009 and 2015. Nurse Education in Practice, 22, 21–29

Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Walgito (2007) Psikologi Kelompok. Yogyakarta. Andi

WHO ( 2019) What is the WHO definition of Health. https://www.who.int/suggestions/faq/en/. Diunduh 2 Februari 2019

Yuliawan, Anton (2016) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan latar Belakang Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal PROFESI no 1. Sept 2016

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.