PEMANTAUAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN DDST II PGTK PAUD PELITA HATI RANCABANGO GARUT
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang : Proses perkembangan pada anak-anak didasari pada aspek perkembangan fisik yang meliputi motorik halus dan motorik kasar, serta perkembangan sosio emosional, bahasa, dan perkembangan kognitif. Metode yang digunakan untuk menilai perkembangan anak salah satunya menggunakan instrumen Denver Development Screening Test II (DDST II). PGTK Paud Pelita Hati merupakan play group dan taman kanak-kanak yang berada di kota Garut. Belum dilakukannya pemeriksaan perkembangan pada anak PGTK Pelita Hati dikarenakan sebagian besar dari guru belum memiliki keterampilan dalam melakukan pemeriksaan perkembangan. Tujuan : Mengetahui gambaran bagaimana perkembangan anak di PGTK Pelita Hati melalui instrumen screening DDST II. Penyelesaian dengan dilakukan dengan melakukan screening perkembangan anak dan melakukan DDST pada anak PGTK Pelita Hati. Hasil : Setelah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini diperoleh hasil pemeriksaan perkembangan di PGTK Pelita Hati dapat disimpulkan hampir seluruh anak berada pada kategori normal (87.8%) dalam penilaian ke empat aspek yang di ujian meliputi personal social, fine motor-adaptive, languange dan gross motor
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

References
Atmarita. “Nutrition problem in Indonesia.” An Integrated International Seminar and Workshop on LifestyleRelated Diseases. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 19-20 Maret 2005
Budiman. (2015) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak Usia Dini
Celikkiran, S., Bozkurt, H., Coskun, M. 2015. Denver Developmental Test Findings and their Relationship with Sociodemographic Variables in a Large Community Sample of 0–4-Year-Old Children. Noro Psikiyatri Ars. 2015 Jun; 52(2):180–184. doi: 10.5152/npa.2015.7230
Depkes, RI. 2008. Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh kembang Anak di Tingkat pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta, Depkes RI Direktorat Jenderal PPM & PLP.
Greenwood, B. (2013). The Baumrind theory of parenting styles. GlobalPost-International News. Retrieved December 15, 2013 from everyday.globalpost.com/baumrind- theory-parenting-styles-6147.html
Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2011). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386–390.
Kemenkes RI, 2016. Pedoman pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Buku_SDIDTK_Bab_I-V.pdf.
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas
Kurniawan, R., Muhimmah, I., Jannah, HR. 2016. Sistem Monitoring Perkembangan Anak Berbasis Denver Development Screening Test (DDST/Denver II).Jurnal Teknologi Industri, vol. 22, no. 44 DOI: https://doi.org/10.20885/.v22i4.743Nugroho, Heru Santoso wahito. (2009). Petunjuk praktis denver Developmental screening Test. Jakarta: EGC
Komariah, N., Farid, & Effendi, S. H. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan Sosialisasi Anak. Sari Pediatri, 18(5), 373–378
Lutfiasari Desy. 2016 Pengaruh Pemberian Permainan Tehnik Kolase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Di TK Dewi Sartika.
Pusponegoro, H. 2006. Gambaran Kemampuan Motorik Kasar. Retrievedhttp://www.medicaljournal.co.cc/2013/-02/gambaran Kemampuan motorik-kasarpada.html
Revina. 2010. Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini.
Ribeiro, L. L. (2009). Construction and validation of a four parenting styles scale. Thesis. Humboldt State University.
Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Seotjinigsinh dan Ranuh, U. N (2014). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta : EGC. Buku Kedokteran
Solihin, (2013) Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah.
Susilaningrum, Rekawati, dkk. 2013. Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Jakarta : Salemba Medika
Suherman. (2000). Buku saku perkembangan anak. Jakarta: EGC
Theeranate K , Chuengchitraks S . 2005. Parent's Evaluation of Developmental Status (PEDS) detects developmental
problems compared to Denver II. Journal of the Medical Association of Thailand = Chotmaihet Thangphaet (01 Nov 2005, 88 Suppl 3:S188
Triastutik, 2018. Hubungan bermain gadget dengan tingkat perkembangan anak.
http://repo.stikesicmejbg.ac.id-92)
Wong, DL (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volum 1. Alih bahasa Agus Sutarna dkk, Jakarta :EGC.