Manajemen emosi sebagai bentuk upaya promosi kesehatan jiwa pada remaja Manajemen emosi sebagai bentuk upaya promosi kesehatan jiwa pada remaja
Main Article Content
Abstract
Promosi kesehatan jiwa merupakan upaya untuk mempertahankan kesehatan jiwa. Remaja menjadi sasaran promosi kesehatan jiwa mengingat tingginya prevalensi masalah kesehatan jiwa di usia ini. Bentuk promosi kesehatan jiwa yang dapat dilakukan pada remaja adalah manajemen emosi. Manajemen emosi penting bagi remaja sebab masa ini adalah masa pencarian identitas diri, selain itu masalah emosi dapat beresiko meningkatkan masalah kesehatan jiwa.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam mengelola emosi serta mencegah munculnya masalah gangguan emosi. Kegiatan dilakukan secara online melalui media zoom. Metode yang digunakan berupa pemberian edukasi kesehatan jiwa melalui ceramah, memberikan leaflet tentang cara mengelola emosi, diskusi serta tanya jawab diakhir kegiatan. Peserta juga mengisi pretest dan posttest. Jumlah peserta 40 orang remaja (12.5% laki-laki dan 87.5% perempuan), usia antara 15 – 21 tahun dengan pendidikan 75% adalah mahasiswa. Hasil dari kegiatan terjadi perubahan yang signifikan dari pengetahuan, dimana sebelumnya diberikan edukasi mean 35.75 dan setelah diberikan menjadi mean 81.00. Remaja harus mengenali penyebab perubahan emosi yang dialami, tidak membiarkan status emosi negatif menetap pada dirinya, melakukan usaha untuk mengatasi emosi negatif dengan cara yang efektif serta mempertahankan emosi yang positif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

References
Critchley, H. D., & Garfinkel, S. N. (2017). Interoception and emotion. Current opinion in psychology, 17, 7–14. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.04.020
Erik, E.,Muzdalifah,F. (2013). Pelatihan manajemen emosi dan kecenderungan simtom depresi pada remaja di panti asuhan. JPPP : Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, Vol 2 no 1 April 2013. https://doi.org/10.21009/JPPP.021.02
Fenwick-Smith, A., Dahlberg, E. E., & Thompson, S. C. (2018). Systematic review of resilience-enhancing, universal, primary school-based mental health promotion programs. BMC psychology, 6(1), 30. https://doi.org/10.1186/s40359-018-0242-3
Idris, I. B., Barlow, J., & Dolan, A. (2019). A Longitudinal Study of Emotional and Behavioral Problems among Malaysian School Children. Annals of global health, 85(1), 30. https://doi.org/10.5334/aogh.2336
Lestarina, N.N.W. (2021). Pendampingan remaja sebagai upaya peningkatan kesehatan mental remaja di desa Laban Gresik. PIKAT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, volume 2 no 1 https://doi.org/10.35718/pikat.v2i1.332
Mardiah, A.,Abdullah, A.,Hermansyah. (2015). Pendidikan kesehatan dalam peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga dengan hipertensi-Pilot Study. Jurnal Ilmu Keperawatan Magister Keperawatan Program Pascasarjana Universitas Syah Kuala, Vol 3, No 2.
Niman, S. (2017). Promosi dan Pendidikan Kesehatan. Jakarta : CV Trans Info Media
O'Reilly, M., Dogra, N., Whiteman, N., Hughes, J., Eruyar, S., & Reilly, P. (2018). Is social media bad for mental health and wellbeing? Exploring the perspectives of adolescents. Clinical child psychology and psychiatry, 23(4), 601–613. https://doi.org/10.1177/1359104518775154
Patel, V., Flisher, A., Hetrick, S., & McGorry, P. (2007). Mental health of young people: A global public-health challenge. The Lancet, 369, 1302-1313
Ridout, B., & Campbell, A. (2018). The Use of Social Networking Sites in Mental Health Interventions for Young People: Systematic Review. Journal of medical Internet research, 20(12), e12244. https://doi.org/10.2196/12244
Wierenga, K. L., Lehto, R. H., & Given, B. (2017). Emotion Regulation in Chronic Disease Populations: An Integrative Review. Research and theory for nursing practice, 31(3), 247–271. https://doi.org/10.1891/1541-6577.31.3.247