Main Article Content

Endang Wiwiek Purnamawati

Abstract

ABSTRAK


 


Keluarga berkualitas adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggung jawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk bisa mewujudkan keluarga yang berkualitas mereka akan merasa perlu memakai alat KB. Untuk menolong mereka supaya bisa memilih alat KB yang cocok, maka mereka perlu diberikan konseling KB. Maksud dari kontrasepsi adalah menghindari/mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma.Tujuan KB adalah membentuk keluarga bahagia dan sejahtera sesuai dengan keadaan social ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak, pendewasaan usia perkawinan, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tujuan perkawinan adalah membentuk keluarga yang bahagia dan kekal. Untuk itu suami isteri perlu saling membantu dan melengkapi, agar masing-masing dapat mengembangkan kepribadiannya, membantu dan mencapai kesejahteraan spiritual dan material.


 


ABSTRACT


A quality family is a family that is formed based on a legal marriage and is characterized by being prosperous, healthy, advanced, independent, having the ideal number of children, being forward-looking, responsible, harmonious and devoted to God Almighty. To be able to create a quality family they will feel the need to use family planning tools. To help them choose the right family planning tool, they need to be given family planning counseling.


The purpose of contraception is to avoid/prevent pregnancy as a result of a meeting between a mature egg cell and a sperm cell. family to meet their basic needs. The purpose of marriage is to form a happy and eternal family. For that husband and wife need to help and complement each other, so that each can develop his personality, help and achieve spiritual and material well-being.


 

Article Details

How to Cite
Wiwiek Purnamawati, E. (2022). PENYULUHAN PADA PASANGAN USIA SUBUR TERHADAP PERSEPSI ALAT KONTRASEPSI DIPAROKI KATEDRAL SANTA MARIA PENOLONG ABADI SAMARINDA. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 3(2), 19-22. https://doi.org/10.52841/jpmk.v3i2.238
References
Cooke B. 1991. Perkawinan Kristen, Yogyakarta: Kanisius.
Farahwati, Zehan. 2009. Program Keluarga Berencana. Universitas Indonesia.
Handayani, Sri. 2016. Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Edisi Kedua. Pustaka Rihama. Yogyakarta.
Yusanti, Linda. 2019. Modul Kesehatan Reproduksi dan KB. Bengkulu
Kumalasari, Intan. 2018. Modul Metode Kontrasepsi Keluarga Berencana. Palembang: Poltekkes Kemenkes Palembang.

Maritalia, Dewi. 2017. Asuhan Kebidanan Nifas Dan Menyusui. Edisi Kedua. Pustaka Pelajar. Yogyakarta