Main Article Content

Silvia Ni Nyoman Sintari
Anak Agung Sri Sanjiwani
Hendro Wahyudi
Anak Agung Ayu Eka Cahyani

Abstract

Stunting di Indonesia menjadi masalah gizi utama sebab berdasarkan data Pemantauan Status Gizi (PSG). Anak yang mengalami stunting menghadapi hambatan belajar di sekolah, berpenghasilan lebih rendah ketika dewasa dan cenderung mewariskan siklus kemiskinan antar generasi. Kepedulian pemerintah terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak salah satunya melalui Program Bina Keluarga Balita (BKB). Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader dalam manajemen BKB dan identifikasi tumbuh kembang. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah atau penyuluhan. Kegiatan penyuluhan dilakukan pada tanggal 28 Desember 2021di Kantor Desa Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara dengan sasaran Kader BKB di 8 Banjar. Materi yang diberikan meliputi 1) Pengertian stunting, mengenal tanda dan gejala dan cara pencegahan, 2) Manajemen BKB dari BKKBN Provinsi Bali. Hasil kegiatan adalah  sebagian besar Kader BKB  mampu menyimpulkan kembali materi yang telah dipaparkan dan menuangkan secara praktek di kertas kerja. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan berupaya agar Kader BKB agar mampu melakukan identifikasi,  memberikan edukasi kepada keluarga balita dan ibu hamil. Pemaparan manajemen BKB dirancang sederhana agar nantinya dapat terintegrasi dalam kegiatan posyandu.

Article Details

How to Cite
Silvia Ni Nyoman Sintari, Anak Agung Sri Sanjiwani, Hendro Wahyudi, & Anak Agung Ayu Eka Cahyani. (2022). PEMBERDAYAAN KADER BINA KELUARGA BALITA (BKB) DALAM MANAJEMEN DAN IDENTIFIKASI TUMBUH KEMBANG DI DESA DANGIN PURI KAJA DENPASAR. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 3(2), 23-26. https://doi.org/10.52841/jpmk.v3i2.239
References
Pardede, R. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stunting pada balita usia 24 –59 bulan di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 (Tesis, Universitas Sumatera Utara). Diakses dari http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20045.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018. Diakses dari https://www.kemkes.go.id/- resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pd

Balitbang Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Kemenkes Balitbangkes. (2012). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar Tahun 2012. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.