Edukasi Kesehatan Bahaya Seks Bebas, Rokok dan Narkoba pada remaja
Main Article Content
Abstract
Perawat berperan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang baik melalui upaya kesehatan jiwa. Upaya kesehatan jiwa pada kelompok sehat diberikan melalui promosi kesehatan jiwa. Sekolah menjadi tempat kegiatan promosi kesehatan jiwa dari perawat. Siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas termasuk dalam kelompok remaja. Remaja berada pada tahap perkembangan identitas diri. Remaja kelompok sasaran dari promosi kesehatan jiwa. Melakukan seks bebas, merokok dan menggunakan narkoba merupakan perilaku beresiko. Pemahaman tentang bahaya seks bebas, rokok dan Narkoba penting bagi remaja sebagai kelompok rentan perilaku beresiko. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam memahami bahaya seks bebas, rokok dan Narkoba sehingga dapat berperan aktif mencegah perilaku beresiko. Kegiatan dilakukan dalam bentuk edukasi kesehatan. Metode yang digunakan berupa pemberian edukasi kesehatan melalui ceramah, memberikan leaflet, diskusi serta tanya jawab diakhir kegiatan. Evaluasi pengetahuan peserta dilakukan melalui pretest dan posttest. Jumlah peserta 140 Siswa( 43 laki-laki dan 97 perempuan) dari dua sekolah di Kabupaten Bandung Barat. Hasil dari kegiatan terjadi peningkatan pengetahuan yang signifikan berdasarkan hasil evaluasi. Sebelum diberikan edukasi mean pengetahuan siswa 60.47 dan setelah edukasi mean pengetahuan siswa 81.23. Siswa harus memahami bahaya seks bebas,rokok dan NARKOBA, berperan aktif dalam mencegah perilaku beresiko.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

References
Arbel, R., Perrone, L., & Margolin, G. (2018). Adolescents' Daily Worries and Risky Behaviors: The Buffering Role of Support Seeking. Journal of clinical child and adolescent psychology : the official journal for the Society of Clinical Child and Adolescent Psychology, American Psychological Association, Division 53, 47(6), 900–911. https://doi.org/10.1080/15374416.2016.1169536
Baiti, R., & Razzaq, A. (2018). Esensi Wahyu Dan Ilmu Pengetahuan. Wardah, 18(2), 163-180. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/wardah.v18i2.1776
Crone, E. A., & Konijn, E. A. (2018). Media use and brain development during adolescence. Nature communications, 9(1), 588. https://doi.org/10.1038/s41467-018-03126-x
Cross, S. J., Lotfipour, S., & Leslie, F. M. (2017). Mechanisms and genetic factors underlying co-use of nicotine and alcohol or other drugs of abuse. The American journal of drug and alcohol abuse, 43(2), 171–185. https://doi.org/10.1080/00952990.2016.1209512
Fikre, S., Tenkolu, G., & Mamo, Z. B. (2021). Risky Sexual Behavior and Associated Factors among Street Youth in Dilla Town, Gedeo Zone, South Ethiopia, 2018. Ethiopian journal of health sciences, 31(5), 947–954. https://doi.org/10.4314/ejhs.v31i5.5
İçmeli, Ö. S., Türker, H., Gündoğuş, B., Çiftci, M., & Aka Aktürk, Ü. (2016). Behaviours and opinions of adolescent students on smoking. Adolesan öğrencilerin sigara içme ile ilgili davranışları ve görüşleri. Tuberkuloz ve toraks, 64(3), 217–222. https://doi.org/10.5578/tt.20925
Johansen E. R. (2021). Relative age for grade and adolescent risky health behavior. Journal of health economics, 76, 102438. https://doi.org/10.1016/j.jhealeco.2021.102438
Niman, susanti, & Siahaan, T. S. P. (2022). Manajemen emosi sebagai bentuk upaya promosi kesehatan jiwa pada remaja. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 3(2), 1-6. https://doi.org/10.52841/jpmk.v3i2.208
Niman, S., Parulian, T. S., & Sibarani, D. (2022). PROMOSI KESEHATAN JIWA ONLINE TOXIC RELATIONSHIP PADA REMAJA. Jurnal Abdi Masyarakat, 5(2).
Nu’im Haiya, N. (2018). Promosi Kesehatan: Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah mempengaruhi Pengetahuan Kader Posyandu tentang Status Gizi Balita. In Unissula Nursing Conference Call for Paper & National Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 96-102).
Nurlila, R. U., La Fua, J., & Meliana, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi pada Siswa di SD Kartika Xx-10 Kota Kendari Tahun 2015. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 94-119.
Papagiannis, D., Malli, F., Papathanasiou, I. V., Routis, P., Fradelos, E., Kontopoulou, L., Rachiotis, G., & Gourgoulianis, K. I. (2021). Attitudes and Smoking Prevalence Among Undergraduate Students in Central Greece. Advances in experimental medicine and biology, 1339, 1–7. https://doi.org/10.1007/978-3-030-78787-5_1
Sadeh, N., & Baskin-Sommers, A. (2017). Risky, Impulsive, and Self-Destructive Behavior Questionnaire (RISQ): A Validation Study. Assessment, 24(8), 1080–1094. https://doi.org/10.1177/1073191116640356
Smith, G. L., & McGuinness, T. M. (2017). Adolescent Psychosocial Assessment: The HEEADSSS. Journal of psychosocial nursing and mental health services, 55(5), 24–27. https://doi.org/10.3928/02793695-20170420-03.
Ulya, Z., Iskandar, A., & Triasih, F. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster terhadap pengetahuan manajemen hipertensi pada penderita hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 38-46.
Yunita, L. (2016). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu dalam Penanganan Diare Balita di Sekitar UPT TPA Cipayung, Depok.
Indonesian Drugs Report tahun 2022. Pusat penelitian, data dan informasi Badan Narkotika Nasional (PUSLITDATIN BNN) https://puslitdatin.bnn.go.id/konten/unggahan/2022/07/IDR-2022.pdf
https://www.kemkes.go.id/article/print/19032200001/pemuda-rumuskan-keterlibatan-bermakna-dalam-pembangunan-kesehatan.html