PENINGKATAN KINERJA TENAGA PERAWAT DENGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Main Article Content
Abstract
Komunikasi merupakan modal utama dalam suatu interaksi. Melalui komunikasi akan dapat menciptakan suasana interaksi yang baik. Komunikasi terapiutik menjadi modal dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menigkatkan kinerja perawat melalui komunikasi terapiutik. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Pelaksanan pengabdian masyarakat telah terlaksana dengan baik. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta pengabmas setelah diberikan materi mengenai komunikasi terapiutik yag terlihat dari adanya peningkatan rerata pretest dan postest yaitu 2,6±0,82 menjadi 4±0,84. Komunikasi terapiutik menjadi sarana dan alat dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga akan dapat meningkatkan kinerja perawat.
Article Details
Fajriyanti, N. A. (2021). Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Pasien Di Rumah Sakit Dr. H. Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi [Skripsi tidak terpublikasi]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Muhith, A. & Siyoto, S. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health. Andi.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Potter, P. A. & Perry, A. G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, & Praktik (Ed.4). Jakarta: EGC.
Prabowo, T. (2014). Komunikasi Dalam Keperawatan. Pustaka Baru.
Prismeiningrum, M. W. (2015). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat [Thesis, Universitas Negeri Semarang]. UNNES Repository. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22915
Sembiring, I. M., & Munthe, N. B. G. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 1(2), 54-61. https://doi.org/10.35451/jkf.v1i2.170
Kurniadi, A. (2013). Manajemen Keperawatan dan Prospektifnya : Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: FKUI
Vita, N. I. (2021). Komunikasi Terapeutik Dialogis. Scopindo Media Pustaka.
Triwibowo. (2013). Manajemen Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit. Jakarta: TIM
Siahaan Juwita Verawati (2017), Pengaruh Pelatihan Ronde Keperawatan Terhadap Kinerja Perawat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.