Author Guideline

Di bagian ini anda akan menemukan informasi tentang seluruh proses pengajuan di Jurnal Farmasi Etam (JFE).
1. Naskah atau manuskrip yang dikirim ke Jurnal Farmasi Etam merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya (kecuali abstrak atau laporan yang disajikan dalam temu ilmiah). Naskah yang telah diterbitkan menjadi hak milik redaksi dan naskah tidak boleh diterbitkan lagi dalam bentuk apapun tanpa persetujuan dari redaksi. Selama naskah dalam proses editing, penulis tidak diperkenankan memasukkan naskah tersebut pada jurnal lain sampai ada ketetapan naskah diterima atau ditolak dari redaksi.

2. Naskah boleh ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan format seperti yang tertuang dalam petunjuk penulisan ini. Semua makalah yang ditujukan kepada jurnal ini akan melalui proses tanggapan ilmiah dari mitra bestari (peer reviewer) dan/atau tanggapan editorial. Dewan Redaksi berhak melakukan suntingan naskah dalam rupa,gaya, bentuk, dan kejelasan, tanpa mengubah isi. Editor akan mengirimkan naskah kepada peninjau secara anonim sehingga identitas penulis dan peninjau dapat dijaga kerahasiaannya.

3. Naskah ditulis 3000-3500 kata (15 halaman), jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12 (kecuali judul berukuran 14), spasi 1, pada kertas A4. Batas margin kiri 4 cm, atas 3 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm. Naskah dikirimkan dalam bentuk file Word.

4. Naskah yang tidak dimuat akan dikembalikan jika sebelumnya ada permintaan.

5. Pengajuan naskah melalui sistem online.

Naskah harus berisi bagian berikut dalam urutan ini:
1. Judul
Judul artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan harus menjelaskan konten utama naskah, berinformatif, ringkas, dan tidak terlalu banyak kata (tidak lebih dari 15 kata), dan tidak berisi rumus.

2. Nama Penulis
Nama lengap tanpa gelar akademik dan gelar.

3. Nama Afiliasi Setiap Penulis
Nama pembuat naskah / penulis harus disertai dengan alamat afiliasi lengkap, kota, nomor kode pos, provinsi, negara.

4. Abstrak
Ditulis singkat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam satu paragraph 200-250 kata, berisi latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil, kesimpulan penelitian Anda terhadap sains.

5. Kata Kunci
Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 3-5 kata atau kelompok kata ditulis menurut abjad.

6. Pendahuluan
Berisi tentang permasalahan penelitian, tujuan, manfaat, hipotesa, serta ruang lingkup penelitian. Tinjauan pustaka dituliskan untuk memperjelas penelitian yang dilakukan terhadap penelitian yang dilakukan sebelumnya atau merupakan pengembangan dari penelitian yang sudah dilakukan serta teori-teori yang mendukung pelaksanaan penelitian. Diakhiri dengan paragraph tujuan penelitian.

7. Metode
Pastikan pekerjaan dapat diulang sesuai dengan detail yang diberikan. Ini berisi informasi teknis dari penelitian yang disajikan dengan jelas. Oleh karena itu, pembaca dapat melakukan penelitian berdasarkan teknik yang disajikan. Bahan dan spesifikasi peralatan diperlukan. Pendekatan atau prosedur studi bersama dengan metode analisis data harus disajikan.

8. Hasil dan Diskusi
Tabel dan atau angka yang disiapkan dengan baik harus menjadi fitur signifikan dari bagian ini, karena mereka menyampaikan pengamatan utama kepada pembaca. Setiap informasi yang diberikan dalam tabel dan angka tidak boleh lagi diulang dalam teks, tetapi teks harus berfokus pada pentingnya temuan utama penelitian. Secara umum, makalah jurnal akan berisi tiga-tujuh angka dan tabel. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan angka. Hasil penelitian dibahas untuk mengatasi masalah yang dirumuskan, tujuan dan hipotesis penelitian. Disarankan bahwa diskusi difokuskan pada mengapa dan bagaimana temuan penelitian dapat terjadi dan untuk memperluas ke mana findin penelitian dapat diterapkan pada masalah lain yang relevan.

9. Kesimpulan
Rangkuman dari penelitian yang telah dilakukan. Dinarasikan dalam bentuk paragraf dengan memuat informasi berupa jawaban dari tujuan dan hipotesis. Tidak diperbolehkan ada kutipan dan informasi atau istilah baru yang telah digunakan pada bagian sebelumnya.

10. Pengakuan
Kontributor yang tidak disebutkan sebagai penulis harus diakui, dan kontribusi khusus mereka harus dijelaskan. Semua sumber pendanaan untuk pekerjaan harus diakui, baik penyandang dana penelitian maupun nomor hibah (jika berlaku) harus diberikan untuk setiap sumber dana.

11. Daftar Pustaka
Penulisan daftar pustaka menggunakan aplikasi sitasi (Mendeley/Endnote/Zotero) dengan style Vancouver berdasarkan urutan kemunculan dalam sitasi bukan berdasarkan abjad. Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

Artikel Penelitian

Awasthi R, Madan J, Kamate V, Dua K. Improving the solubility of nevirapine using a hydrotropyand mixed hydrotropy based solid dispersion approach. Polym Med. 2017;(2):83-90.

Lebih dari 6 Penulis

Rashid R, Kim DW, Din FU, Mustapha O, Yousaf AM, Park JH, et al. Effect of hydroxypropylcellulose and Tween 80 on physicochemical properties and bioavailability of ezetimibe-loaded solid dispersion. Carbohydr Polym. 2015; 130: 26-31.

Buku

Newman A. Rational design for amorphous solid dispersions. Developing Solid Oral Dosage Forms: Pharmaceutical Theory and Practice: Second Edition. Elsevier Inc.; 2016. P. 497-518.

Artikel dalam Buku

Javalgi G., and Moberg G. Service Loyalty Implications for Service Providers. The Natural, Volume 1, Second Edition. Illiois: Wiley Publishing. 1997; P. 165-179.

Tesis dan Disertasi

Diharmi, A. Karakteristik Fisiko-Kimia Karagenan Rumput Laut Merah Eucheuma spinosum dari Perairan Nusa Penida, Sumenep, dan Takalar. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor. 2016.

Prosiding Konferensi

Abdulah          R.        Interactions     of sulforaphane and selenium in inhibiting human breast and prostate cancer cell lines proliferation. Proceedings of International Seminar and Expo on Jamu; 5 November; Bandung, Indonesia. Indonesia: Universitas Padjadjaran. 2010.