Main Article Content

Adel arrahman

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, Indonesia memiliki berbagai penyakit infeksi yang dapat menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat setiap saat. Salah satu penyakit infeksi itu adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Penyakit ISPA adalah penyebab utama morbiditas dan mortalitas penyakit menular di dunia. Terapi pengobatan ISPA menggunakan antibiotik karena ditunjukkan untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan antibiotik pada pasien ISPA rawat jalan Di Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi Tahun 2019 meliputi data yaitu jenis antibiotik, tepat indikasi, tepat dosis, dan tepat lama pemberian. Penelitian ini merupakan penelitian Observasi yang dilakukan secara Retrospektif dengan cara mengumpulkan 106 data rekam medik pasien rawat jalan di Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi Tahun 2019. Hasil penelitian ini adalah pasien di Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi ini terbanyak menggunakan antibiotik Amoksisilin (90,56%) dengan pasien Faringitis (87,19%), Tepat indikasi (84,17%), Tepat dosis (100%), dan Tepat lama pemberian obat (100%).Kesimpulan antibiotik yang paling banyak digunakan di Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi pada tahun 2019 yaitu amoksisilin.

Article Details

References
Aisyah, (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit ISPA Pada Anak Balita Di Desa Tinombo Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2018. Jurnal Kesehatan. 1(1), 629-641.
Amir. (2016). Evaluasi Interaksi Obat Sebagai Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Rawat Inap Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Di Puskesmas Jumpadang Baru Makassar. Skripsi : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Anorital. (2015). Morbiditas dan Multi Morbiditas Pada Kelompok Lanjut Usia di Indonesia. Jurnal Biotek Medisiana Indonesia, 4(2), 77-88.
Aulia, F. (2018). Evaluasi Rasionalitas Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Infeksi Saluran Pernafasan Atas Akut (ASPaA) Di Puskesmas Dirgahayu Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan Periode Oktober-Desember 2017. Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.
Bunga Ladipa, Vima and , Tanti Azizah Sujono, M.Sc., Apt (2017) Evaluasi Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Anak Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas Akut (ISPaA) di Puskesmas Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Citra Ayu EP. (2009). Faktor Resiko Kejadian ISPA. Skripsi thesis, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).
Dasopang, Juniati, 2018. Ketepatan Pemberian Antibiotik Pada Pasien ISPABagian Atas Dipuskesmas Pecan Labuhan Medan Pada Bulan Januari Juni 2017, Medan, 5(1) 11-21.
Depkes RI, (2009). Klasifikasi Umur Menurut Kategor. Jakarta : Ditjen Yankes.
Depkes RI. (2015). Pharmaceutical Care Untuk Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan jakarta. Jakarta : Ditjen Yankes.
Depkes RI, (2017), Pharmaceutical Care UntukInfeksi penyakit saluran pernafasan, Diroktorat Bina Komunita dan klinik Dirjen Bina Kefermasian dan alat kesehatan, Jakarta : Ditjen Yankes.
Kementrian Kesehatan RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.
Kemenkes RI. (2018). Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Pedoman Pengendalian Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Jakarta.
Kementrian Kesehatan RI. 2011a. Gunakan Antibiotik Secara Tepat Untuk Mencegah Kekebalan Kuman. In Buku Panduan Hari Kesehatan Sedunia.
Kemenkes RI. (2011). Modul Penggunaan Obat Rasional Dalam Praktek. Modul Penggunaan Obat Rasional. Jakarta.
Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pelayanan Kefarmasian Untuk Terapi Antibiotik. Jakarta.