Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Depo Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda
Main Article Content
Abstract
Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit adalah unit bagian yang tidak bisa dipisahkan dari seluruh sistem pelayanan di rumah sakit yang berfokus pada pelayanan pasien, penyediaan sediaan farmasi, alat kesehatan, serta Bahan Medis Habis Pakai yang terjangkau bagi setiap masyarakat dimana salah satunya pelayanan farmasi kllinik. Pelayanan kefarmasian dapat diketahui melalui tingkat kepuasan pasien rawat jalan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Penelitian ini menggunakan lembar kuesioner yang dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2022. Sampel yang digunakan adalah pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie Samarinda yang diambil secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung persentase menggunakan rumus Tingkat Kepuasan Pasien. Hasil analisis tingkat kepuasan pasien yang didapatkan adalah tangibles sangat puas (89%), reliability sangat puas (86%), responsiveness sangat puas (84%), assurance sangat puas (85%) dan empathy sangat puas (85%).
Article Details
2. Heryanadi, Crisnawati., Ergi Septi Hardian., dan Moh. Rizky Adriansyah. 2021. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS TNI AU DR. M. Salamun. Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol. 1(12).
3. Megasari, Elly. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Ngronggo Kota Kediri. Java Health Jounal, 4(2).
4. Muninjaya, A. A. G. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
5. Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., dan Siti Aliyah. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy. Vol. I. 22-26.
6. Nufus, Izzatun, Prabandari, Sari, & Santoso, Joko. 2021. Gambaran Kepuasan Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Pagiyanten. DIII Farmasi Politeknik Harapan Bersama.
7. Permenkes. 2016. Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
8. Rakhmawati, Elly, & Bismantara, Lintang. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kota Kediri. Java Health Jounal, 7(1).
9. Umar, Marzuki. 2001.Bagaimana Awet Muda dan Panjang Usia?. Jakarta: Gema insani Press.
10. Yaqin, Achmad Ainul. 2017. Evaluasi kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD dr. R. Koesma Kabupaten tuban. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
11. Yuliani, N. N., Sambara, J., dan Isran, H. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSIA di Kota Kupang Tahun 2015. 394–404.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.