Profil Kepuasan Pasien Swamedikasi Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Apotek Kem Kem Cendana
Main Article Content
Abstract
Apotek merupakan pelayanan kefarmasian tempat apoteker melakukan praktik kefarmasian Salah satu kegiatannya adalah PIO (Pelayanan Informasi Obat). Pelayanan informasi obat merupakan kegiatan pemberian informasi yang tepat dari apoteker ke pasien. Swamedikasi adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit atau gejala yang dialami oleh diri sendiri tanpa mendapatkan resep, diagnosa, dan saran dari dokter juga bantuan dari petugas kesehatan lainnya. Cara mengetahui kualitas pelayanan yaitu dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan tersebut dengan menggunakan dimensi kehandalan (reliabilitiy), bukti fisik (tangible), ketanggapan (responsiveness), empati (emphaty), dan jaminan (assurance). Penelitian deskriptif dengan metode survey. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan teknik purposive sampling dan rumus Cochran untuk menentukan besar sampel, populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pasien yang masuk dalam kriteria inklusi di Apotek Kem Kem Cendana dan jumlah sampel adalah 100 responden. Hasilnya pada dimensi kehandalan total nilai kualitas pelayanan sebesar -0.88, dimensi fasilitas berwujud sebesar -0.24, dimensi daya tanggap sebesar 0.07, dimensi jaminan sebesar 0.11, dan dimensi empati sebesar -0.09. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa sebagian besar pasien dari Apotek Kem Kem Cendana merasa belum puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Article Details
References
Dianita PS, Latifah E. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. J Farm Sains dan Prakt. 2017;3(2):19–23.
Wateh A. Kepuasaan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Pada Swamedikasi Di Apotek Merjosari Kota Malang. 2020;1–144.
Hadiyana AWA. Studi Praktek Pelayanan Kefarmasian Oleh Apoteker Di Apotek Kabupaten Sleman. 2016.
Munawir I. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. 2018;17(3):15–22.
Sari WK, Puspa MG. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Swamedikasi Di Apotek R3 Farma 2 Bululawang Kabupaten Malang. 2018;21:1–8.