IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN KEJANG DEMAM PADA ANAK
Main Article Content
Abstract
Kejang demam adalah yang berhubungan dengan peningkatan cepat suhu tubuh inti hingga 39°C. Studi kasus dilakukan untuk menggambarkan Implementasi keperawatan menggunakan media audiovisual video animasi pendidikan kesehatan penanganan kejang demam pada anak yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan terhadap penanganan kejang demam pada anak dengan diagnosa kejang demam di Ruang Perawatan Anak. Metode studi kasus ini menggunakan studi kasus dengan desain studi kasus deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah format asuhan keperawatan pada anak sakit. Hasil penelitian yang sejalan yang menunjukan bahwa pengetahuan bisa meningkat setelah diberikan edukasi menggunakan video animasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Antari, I., Riandani, S. D., & Siwi, I. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Dan Leaflet Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Dalam Pencegahan Diare. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(01), 27–34.
Arief, R. (2015). Continuing Medical Education Akreditasi PB IDI-3 SKP Penatalaksanaan Kejang Demam. 42(9), 658–661.
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada:.
Asnawir. (2022). Media Pengajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Barra Gusma Fadillah. (2024). Hubungan Usia dan Jenis Kelamim Dengan Kejang Demam. Jurnal.stikeskesdam4dip., 139.
Damayanti, M. (2018). Komunikasi Teraupetik Dalam Praktik Keperawatan. Bandung: PT refika Adama.
Dervis, B. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Penatalaksaan Kejang Demam Anak terhadap Pengetahuan Ibu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Dindin Ridanudin. (2024). Efektivitas vidio animasi dalam penggunaanya dalam pembelajaran. Pendidikan kesehatan, 5 (21).
Djajanti, C. W. (2022). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Keefektifan anak usia 1-5 tahun. Jurnal Keperawatan,, 172.
Dwi Gina Vita, Indah Purnama Sari, & Yulianti Wulandari. (2023). Efektifitas Penurunan Suhu Tubuh Subfebris Pada Anak Kejang Demam Dengan Menggunakan Kompres Hangat Di Ruang Rawat Inap Gardenia RSUD M.Sani. Jurnal Medika Husada, 3(2), 50–66.
Dewi Wulandari, M. e. (2016). Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta:: Pustaka Pelajar.
Fadillah, M. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan dan pemanfaatan media audio-visual. . Jakarta: Pendidikan dan pengajaran: JPPP.
Famili, D. (2021). Konsep Anak. Konsep Anak, 1–23.
H. Nabiel Ridha. (2017). Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadinata, D., & Abdillah, A. J. (2022). Metodologi Keperawatan. Bandung:: Widina Bhakti Persada Bandung.
Hastutiningtyas dkk. (2022). Tingkat Pengatahuan yang rendah tentang kejang demam pada anak di Rumah Sakit Panti Waluyo Sawahan Malang. Jurnal Keperawatan, 5(2).
Hidayah, N. (2022). Asuhan Keperawatan Pada an. a Dengan Kasus Diare Di Ruang Baitunnisa 1 Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.
Hutagalung, D.N,. (2019). Tahapan pengkajian dalam asuhan keperawatan kejang demam. Sumatra utara:: Osfio.
Kemenkes RI. (2017). Profil Data Kesehatan 2011.
Lestari, Titik. (2016). Asuhan Keperawatan Anak. Yogyakarta: Nuha Medika.
Lusia, S.P.S. (2015). Pengenalan Demam dan Perawatannya. Surabaya:: UAP Uniar.
Manulu. (2023). SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1275--1289.
Milah, A. S. (2022). Pendidikan Kesehatan dan Promosi Kesehatan dalam Keperawatan. Malang: Edu Publisher.
Ni Kadek Kristia Dewi. (2024). Inovasi Media Pembelajaran : Vidio Animasi meningkatkan hasil belajar. Jurnal Media dan Teknologi, 139.
Notoatmodjo S. (2018). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta:: PT Rineka Cipta.
Nurarif, Amin Huda. (2015). Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis dan NANDA Nic-Noc. Yogyakarta:: Media Action.
Nurdin, I., & Hartati, S. . (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4. Jakarta:: Salemba Medika.
Pelealu, A. A. A., Palendeng, O. E. L., & Kallo, V. (2019). Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Penanganan Kejang Demam Pada Anak Balita Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu. Jurnal Keperawatan, 7(2), 1–5.
Prasasti, N. (2022). Asuhan Keperawatan Pada an. a Dengan Kejang Dengan Kejang Demam Di Ruang Baitunnisa 1 Rsi Sultan Agung Semarang. 31–33.
Perdana, S. W. (2022). Penanganan Kejang Demam Pada Anak. Jakarta: FIX LENGKAP. pdf.
PPNI. (2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia: Definisi dan Indikator Diagnostik, Edisi 1. Jakarta:: DPP PPNI.
PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan, Edisi 1. Jakarta:: DPP PPNI.
PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan, Edisi 1. . Jakarta: : DPP PPNI.
Polignano, M. V. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Putra, Rama H, Mulyadi, Ismanto AY. (2019). Hubungan Pengertahuan tentang kejang demam dengan penanganan kejang demam pada anak di instalasi rawat darurat anak. Manado: Respitory uii.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah:. Jurnal Ilmu Dakwah, 17 (33).
Rimadhanti, N. M. (2018). Hubungan Riwayat Kejang dalam Keluarga dengan Kejadian Kejang Demam. Jurnal. Unsuri, 78.
Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2 (1).
Santika, A. A. (2023). Penerapan Skala Likert Pada Klasifikasi Tingkat Pengetahuan. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 406.
Samio, S. (2018). Aspek – Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 36–43. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.791
Sittorus, E., Lumbantoruan, A., & Sudrajat, R. F. (2022). Hubungan Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Ibu Dalam Menangani Kegawatdaruratan Pada Balita Dengan Kejang Demam di Wilayah Rusun Marunda Blok di RT 015/RW 007 Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 8(2), 116–120.
Tiara. (2024). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Kejang Demam Pada Anak Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Dengan Media Animasi. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan, 4.
Wina, Sanajaya. . (2016). St.ategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,. Jakarta:: Prenadamedia Group.
World Health Organization (WHO). (2015). Kejang Demam. Geneva: WHO. ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY
Vebriasa, A., Herini, E. S., & Triasih, R. (2016). Hubungan antara Riwayat Kejang pada Keluarga dengan Tipe Kejang Demam dan Usia Saat Kejang Demam Pertama. Sari Pediatri, 15(3), 137. https://doi.org/10.14238/sp15.3.2013.137-40
Yulianti, T. (2017). Asuhan Keperawatan pada Ny. S dengan Congestive Heart Failure di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Universitas Muhammadiyah Purwokerto2, 18, 8–23.